Tanya Dokter

  • Apa obat psoriasis pada anak?

  •  Nina Nuraina
    Anggota

    Ass...dok suami saya mengidap pnyakit penebalan dan merah d tbh nya sdh hmpr 7th,skrng anak perempuan sy yg bru brmr 4,5 th d bgn perut nya trdpt bltn2 yg mirip dngn pnykt kulit ayah nya,tp ga brwn merah. Bagaimana cara pngobtn mereka,apakah sama ? D tgu jwbn nya,trmksh dok..

    Halo,   Psoriasis pada dewasa dan anak anak merupakan suatu kondisi penyakit yang sama sehingga memiliki penanganan yang kurang lebih sama. Namun sebelum memberikan terapi pada anak Anda maka pemeriksaan secara seksama mengenai kondisi anak Anda akan diperlukan. Beberapa kemungkinan penyebab lain dengan gejala yang mirip dengan psoriasis antara lain adalah :

    1. Dermatitis seboroik
    2. Dermatitis numularis
    3. Lichen simplek
    4. Lichen planus
    5. dll
    Psoriasis merupakan suatu kondisi penyakit dimana penebalan kulit terjadi sangat cepat (lebih cepat dari kondisi normal) diakibatkan karena kondisi auto imun pada tubuh penderita. Gejala psoriasis pada anak dan dewasa pun sama yaitu :
    1. Bercak tebal dikulit yang berwarna kemerahan / keputihan dan bila digaruk bisa menimbulkan bintik perdarahan pada kulit tersebut.
    2. Bercak terasa gatal.
    3. Kadang disertai rasa perih/ nyeri / tidak nyaman pada bercak.
    Diagnosa psoriasis bisa diketahui dengan mudah karena bercak merah dan penebalan kulit yang khas pada psoriasis, namun pemastian diagnosa bisa dilakukan dengan melakukan biopsi kulit pada bercak tebal tersebut. Penanganan psoriasis bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu :
    • Obat oles = kortikosteroid, krim mengandung analog vitamin D, coal, asam salisilat dan Liquor carbonas detergent dll.
    • Terapi sinar = terapi Ultra violet, cara yang mudah adalah dengan menjemur diri pada sinar matahari pagi selama +/- 15 menit sambil berjalan kaki santai. tidak perlu terlalu lama yang justru bisa merugikan.
    • Obat oral / injeksi = metrotrexate, acitretin dan siklosporin yang disesuaikan dengan kondisi pasien setelah pemeriksaan oleh dokter.
    Jika anak Anda ternyata positif terkena psoriasis maka beberapa cara dibwah ini bisa membantu Anda dan anak serta keluarga Anda mengendalikan dan hidup bersama dengan psoriasis, yaitu :
    1. Banyak konsumsi sayuran dan buah.
    2. Hindari stress dan kelola stress dengan baik.
    3. Kendalikan berat badan.
    4. mandi 2 kali sehari dan jangan lupa menggunakan pelembab yang disarankan.
    5. Jemur diri di pagi hari agar terkena sinar matahari pagi yang sehat.
    6. Dukung dan hibur serta didik anak Anda untuk yakin dan percaya diri. Yakinkan bahwa psoriasis bukanlah penyakit menular dan bisa dikendalikan serta tidak akan mempengaruhi kecerdasan maupun bakat lain yang dimiliki anak.
    Baca topik Psoriasis.   Semoga membantu.   dr. Yusi