Tanya Dokter

  • Pertumbuhan gigi yang copot pada usia 14 tahun

  • Hallo dokter saya mau tanya saya kan umur 14 tahun. gigi saya mau copot alias giginya udah goyang nih dok terasa ngilu dok terus nanti kalau copot bisa tumbuh lagi ga dok ?? .dan apakah masih bisa tumbuh lagi beritahu saya sampai umur berapa gigi bisa tumbuh lagi yang sudah copot dok. "Terima Kasih"

    Agra Đĕp Một Lần  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Agra, Manusia memiliki 2 jenis gigi selama hidup yaitu gigi susu dan gigi tetap. Gigi susu berjumlah 20 buah terdiri atas. Gigi susu akan mulai copot sejak usia 6-13 tahunan. Pada umumnya setelah usia 13 tahun, semua gigi adalah gigi tetap. Jika gigi tetap copot maka tidak ada gigi lain yang akan tumbuh menggantikannya. Namun pada kondisi khusus, bisa saja masih ada gigi susu yang bertahan hingga usia 14 tahun. Berikut ini pertumbuhan gigi tetap menurut usia pada umumnya:

    • Gigi seri: bawah 6-8 tahun, atas 7-9 tahun
    • Gigi taring: bawah 9-10 tahun, atas 11-12 tahun
    • Gigi geraham depan 1 dan 2: atas dan bawah 10-12 tahun
    • Gigi geraham belakang 1 dan 2: atas dan bawah 6-13 tahun
    • Gigi geraham belakang 3 (gigi bungsu): atas dan bawah tumbuh di atas 17 tahun
    Apabila gigi Anda belum pernah copot sebelumnya maka masih ada kemungkinan gigi tersebut adalah gigi susu yang jika copot akan ada gigi tetap pengganti. Namun jika gigi yang goyang dulu sudah pernah copot, maka gigi goyang tersebut adalah gigi tetap yang jika copot tidak akan ada gigi yang akan tumbuh menggantikannya. Untuk memastikannya, Anda bisa berkonsultsi dengan dokter gigi agar bisa dilakukan pemeriksaan dengan rontgen panoramik untuk mengetahui adakah calon anak gigi yang bisa tumbuh lagi. Jika tidak ada calon anak gigi, maka solusi yang bisa diberikan adalah dengan pemasangan gigi palsu. Berikut informasi yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan: Anatomi gigi Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y