Tanya Dokter

  • Sering pusing saat bangun tidur, mata berkunang, dan hilang keseimbangan

  •  Hanan
    Anggota

    Dokter,saya mau tanya. Setiap bangun habis duduk /tidur-tiduran sering pusing,mata berkunang-kunang,jalanny jadi tidak seimbang . apa ini penyebab dari kurang minumnya saya?,atau ada penyebab lain?

    Makasih Dokter

    Halo, Pusing yang disertai dengan gangguan keseimbangan kemungkinan dapat disebabkan oleh berbagai keadaan, antara lain:

    Kekurangan cairan dapat menyebabkan pusing. Akibat kurang cairan, volume darah akan berkurang, sehingga pasokan darah ke otak juga berkurang. Hal ini juga dapat menyebabkan pusing. Tekanan darah yang rendah ketika duduk atau beristirahat, juga dapat menyebabkan pusing ketika tubuh berubah posisi secara mendadak. Kurangnya hemoglobin pada keadaan anemia, juga dapat menyebabkan pasokan oksigen ke otak menjadi kurang, hal ini juga dapat memicu timbulnya pusing. Untuk menentukan penyebab pasti dari keluhan Anda, sebaiknya kunjungi dokter terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, seperti mengukur tekanan darah, menyingkirkan apakah ada kecurigaan anemia, dan jika perlu dapat menambahkan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium darah rutin. Apabila ditemukan adanya suatu kelainan, maka dokter akan menentukan penanganan yang tepat berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut. Untuk mencegah keluhan tersebut muncul kembali, pada dasarnya Anda dapat membiasakan perilaku hidup sehat seperti:
    • Konsumsi air putih dalam jumlah cukup minimal 2 liter/ hari
    • Olahraga teratur
    • Makan makanan bergizi
    • Istirahat yang cukup
    Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. dr. Agatha