Tanya Dokter

  • Kulit payudara melepuh setelah memakai bawang putih

  • selamat pagi Dokter,,

    saya mau bertanya dok, teman pernah bilang cara membesarkan payudara itu dengan bawang putih. blender bawang putih lalu oleskan, jadi saya pernah mencobanya, hasil kulit payudara saya melepuh lalu saya oleskan minyak setiap hari selama 2 minggu akhirnya jd kering tapi saya sering merasakan sakit dipayudara saya. saya dokter, apakah rusak didalam dok, lalu apa yang saya lakukan dokter??? tolong bantu saya dokter, saya sangat kwatir dan takut sekali.

    Hai Mely, 
    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Bawang putih memang dikenal memiliki beragam khasiat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan sistem imun, menyehatkan saluran pencernaan, hingga mengatasi peradangan. Namun mengenai fungsinya dalam memperbesar payudara hingga kini masih belum ditunjang oleh penelitian yang memadai.

    Nyeri di payudara yang Anda rasakan setelah mengaplikasikan bawang putih yang telah dihaluskan ke payudara kemungkinan disebabkan oleh dermatitis kontak iritan, yakni peradangan kulit yang disebabkan oleh kontak fisik dengan zat pemicu iritasi. Selain nyeri, dermatitis kontak iritan bisa juga menyebabkan kulit terasa gatal, perih, panas bagai terbakar, atau muncul ruam kemerahan, bruntusan, melepuh, dan mengelupas.

    Di samping itu, nyeri payudara yang Anda rasakan mungkin juga disebabkan oleh:

    • Mialgia (nyeri otot) 
    • Infeksi kulit payudara, misalnya karena Herpes zoster, jerawat, bisul, folikulitis
    • Mastitis (radang parenkim payudara) 
    • Perubahan hormonal, misalnya saat menjelang menstruasi, awal kehamilan, menggunakan KB tertentu
    • Gangguan pada organ dalam, misalnya gastritis, pleuritis, pneumonia, GERD, penyakit jantung koroner
    • Gangguan psikosomatis, dan sebagainya

    Anda sebaiknya kompres area payudara yang nyeri dengan air hangat atau minum obat pereda nyeri, misalnya paracetamol. Selain itu, imbangi juga langkah tersebut dengan perbanyak istirahat, makan teratur, rajin berolahraga, dan hindari rokok.

    Jika keluhan tidak membaik, coba periksakan langsung ke dokter ya..

    Besar kecilnya ukuran payudara tidak mempengaruhi fungsinya. Hingga kini, belum ada cara yang terbukti efektif memperbesar ukuran payudara selain operasi bedah plastik dan pemasangan implant. Jika Anda tertarik dengan cara ini, silakan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah plastik ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah