Tanya Dokter

  • apa obat sakit pinggang sebelah kiri dan TBC

  • Selamat malam dok, saya ingin bertanya apa kah sakit pinggang sebelah kiri secara berlebihan akan menyebabkan kefatalan nantinya? Dan apa obatnya dok? Terus ada cairan diparu sebelah kanan dan sudah di diagnosa terkena TBC, apakah obat yg cepat dalam mengobatinya dok? Terimaksih dok selamat malam .

    Hai, Sakit pinggang sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab berikut ini:

    Fatal atau tidaknya suatu kondisi tentunya sangat tergantung pada penyebabnya. Mengingat keluhan nyeri yang dirasakan cukup berat sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar dapat ditelusuri penyebabnya. Selain pemeriksaan fisik dokter akan menganjurkan tes penunjang yang diperlukan seperti tes urine, USG, X-Ray, dan sebagainya. Dengan demikian penanganan yang tepat akan dapat diberikan. Tuberkulosis/TBC merupakan penyakit infeksi yang umumnya menyerang paru-paru dan disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Pada kondisi tertentu dapat terjadi komplikasi dari TBC paru, yaitu efusi pleura (penumpukan cairan pada selaput paru-paru). Seiring dengan membaik dan sembuhnya infeksi umumnya efusi pleura dapat mereda dengan sendirinya. Oleh karena itu dianjurkan agar Anda melanjutkan pengobatan TBC hingga tuntas. Pengobatan TBC meliputi pemberian kombinasi antibiotik (isoniazid, rifampicin, pyrazinamide, ethambutol, streptomisin) tergantung pada kategori pengobatan. Pengobatan TBC harus dilakukan secara kontinu tanpa terputus selama 6-9 bulan. Pengobatan TBC ini bisa didapatkan secara gratis di Puskesmas di daerah Anda. Jangan menghentikan pengobatan tanpa petunjuk dokter karena dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi bakteri sehingga infeksi lebih sulit disembuhkan. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Beristirahat cukup dan tidur cukup
    • Konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh
    • Minum banyak air putih 8-10 liter sehari
    • Jangan menahan keinginan berkemih
    • Hindari mengurut bagian perut yang sakit
    • Mengenakan masker saat berpergian ke luar rumah
    • Pastikan rumah memiliki sirkulasi udara yang baik, bukalah jendela dan pintu rumah agar udara segar dapat masuk
    Baca laman artikel berikut ini: Penyebab nyeri pinggang sebelah kiri Tuberkulosis/TBC Efusi pleura Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman