Tanya Dokter

  • Nyeri pada daerah anus disertai nyeri berkemih

  •  Daniel Elza
    Anggota

    Kenapa bokong saya sakit di bagian atasnya macam nyeri gitu, shingga sy gx bisa jongkok dan saat berjalan, duduk pun trasa sakit.
    Kalo dulu2 sakitnya tu saat sesak kencing kalo saya tunda tuk buangnya mka trasa sakit di situ tpi gx parah mcam ni.
    Mohon penjelasannya.?

    Halo Pak Daniel, terima kasih atas pertanyaan anda

    Nyeri yang anda rasakan dapat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya :

    1. gangguan otot mupun tulang. Hal ini dapat disebabkan oleh kelelahan (duduk lama), cedera otot atau tulang (terjatuh atau terbentur sesuatu), penyempitan celah tulang tempat keluarnya saraf,
    2. gangguan saraf, misalnya pada jepitan saraf tulang belakang akibat penuaan, terjatuh atau kebiasaan mengangkat beban berat
    3. gangguan saluran kemih. Pada keadaan tertentu batu ginjal maupun saluran kemih dapat menyebabkan nyeri pada area pinggang.

    Yang dapat anda lakukan saat ini adalah duduk pada posisi yang tepat, minum air putih 2-3 liter sehari, jangan menunda buang air kecil, hindari pekerjaan yang beresiko terjatuh, serta mengkonsumsi pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol atau Ibuprofen sesuai dengan anjuran pakai.

    Jika anda meraa nyeri semakin mengganggu, maka anda kami sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk diperiksa dan mendapat tata laksana yang sesuai.

    demikian yang dapat kami sampaikan, semoga membantu.

    salam,

    dr. Deasy Larasandi