Tanya Dokter

  • obat tb kelenjar dan penyakit maag

  •  Kha Dhey
    Anggota

    Dok saya mau tanya,saya punya kk perempuan umurnya 25 thn,ada benjolan diketiak kira2 uda 1 bulan lbih,saya udah konsul ke dokter bedah tpi,dianjurkn ke,doc,saya dianjurkn berobat jaln 9,buln tpi obot ny blm di mkan,soalnya saya punya penyakit mag,apakah boleh mkan obat tb kelnjar,pada orng penyakit mag,,

    Kha Dhey  dr. Rico N
    Dokter

    Hai, Saya menyarankan agar anda mengikuti program terapi yang diberikan dokter anda meskipun anda punya sakit maag. Memang perlu diakui bahwa obat TB merupakan obat-obat yang cukup sering menimbulkan efek samping seperti mual dan muntah. Tetapi penyakit TBC merupakan penyakit yang sangat berbahaya dengan hanya sedikit pilihan obat yang efektif sehingga jika setelah anda mengkonsumsi obat kemudian mengalami efek samping mual muntah, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan obat pereda gejala dan pengobatan dilanjutkan kembali sampai tuntas. Satu-satunya alasan yang dapat diterima untuk menghentikan pengobatan TB sepenuhnya (itupun hanya sementara, setelah teratasi harus dimulai kembali) adalah alergi berat dengan obat TB dan hepatitis/radang hati imbas obat (ditandai mual muntah hebat, pemeriksaan fungsi hati meningkat, dan mata kuning). Beberapa kondisi lain dapat disiasati dengan mengatur jadwal minum obat, memberikan obat pereda gejala, dan mengentikan salah satu obat (dari 4 [pada kategori 1] atau 5 anti TB [pada kategori 2] yang diberikan) jika memang diperlukan. Konsultasikan dengan dokter jika masalah tersebut terjadi. JANGAN pernah menghentikan sendiri terapi TB tanpa konsultasi dokter, karena dapat membuat kuman TBC manjadi kebal/resisten dengan obat dan membuat penyakit lebih berbahaya dan lebih sulit diobati. Demikian pula saya menyarankan anda tidak menunda-nunda terapi, karena dapat memperberat penyakit yang anda derita. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. demikian yang dapat