Tanya Dokter

  • sakit telinga pada anak usia 3 tahun

  •  Abid
    Anggota

    dok, anak saya 3 thn mengeluh sakit telinga. ada cairan kental yg kluar dr telinga. awalnya putih tp kmudian jadi agak merah coklat. baunya agak amis? apakah bisa d pkaikan tetes telinga?

    Halo,   Sebaiknya Anda memeriksakan kondisi anak Anda ke dokter THT terlebih dahulu, melakukan pengobatan secara sembarangan tanpa anjuran justru bisa menimbulkan kondisi dan komplikasi lain yang tidak menyenangkan. Nyeri telinga disertai keluarnya cairan bisa disebabkan oleh :

    1. Otitis eksterna / infeksi telinga luar.
    2. Otitis media dengan pecahnya gendang telinga.
    3. Otitis medis supuratif kronis.
    4. dll.
    Penanganan kondisi anak Anda tentunya akan disesuaikan dengan kondisi yang anak And alami, pemberian obat tetes telinga belum tentu diperlukan untuk kasus anak Anda. Maka itu sangat baik jika Anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter THT. Dokter akan melakukan pemeriksaan telinga dan tes lain serta membersihkan liang telinga dari lendir yang keluar agar pengobatan lain bisa efektif dan optimal. Jaga kebersihan liang telinga anak Anda, hindari telinga anak kemasukan air, hindari makanan dan minuman dingin serta berikan obat pereda nyeri yang sesuai (parasetamol). Bersihkan bagian liang telinga dengan washlap air hangat, namun hindari air hangat masuk ke dalam telinga, lakukan pembersihan dengan mengusap telinga bagian luar dengan washlap yang sudah dicelup ke air hangat dan diperas kering,  bersihkan sekret yang keluar namun hindari mengorek telinga terlalu dalam dan kuat. Baca topik otitis. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi