Tanya Dokter

  • Apa obat untuk tifus

  • Assalamualaikum....Siang Dok,,Nama sy Novela 22 thn,,..Sdh hampir 3 minggu sy merasa lemas,,pusing,,mual,,nafsu makan kurang,,tenggorokan sy sakit,,gejala awalnya panas tinggi dok....sy  bru bca postingan tentang tifus,,ternyata semua gejalanya sm seperti yg sy rasakan....postingan yg sy baca,,tifus itu punya fase2.....dr semua fase itu,,sy sdh pernah merasakannya dok,,,bahkan,,sampe hampir hilang kesadaran ,,sulit bernafas dan berat badan sy turun 6 kg,,denyut nadi sy lemah... Tp Skarang sy merasa agak mendingan,,udah gak panas lg,,sdh ada nasfu mkn,,dan gak terlalu lemas.... cm di bagian perut msh sedikit perih klw makan nasi Apakah itu tanda2 sembuh dok??? Tp selama sy sakit sy gak di rawat dok,,di rmh aja,, Bahaya gak dok??

    Hai Novela Penyakit tifus atau demam tifoid disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella tyhpi pada usus saluran cerna, oleh sebab itu gejala yang muncul adalah demam disertai gangguan pada pencernaan. Gejalanya antara lain:

    • Demam berlangsung lebih dari 1 minggu, dimana cenderung meningkat saat malam hari
    • Diare/mencret atau justru sebaliknya sulit BAB
    • Kembung
    • Muntah
    • Nyeri perut
    Untuk mendiagnosis penyakit tifus selain dari gejala dan pemeriksaan fisik oleh dokter, juga diperlukan pemeriksaan darah seperti Widal, tubex dan bila perlu juga dengan kultur darah dan tinja bila dari hasil pemeriksaan diatas masih meragukan. Sebagian besar tifus pada fase awal yaitu 1-2 minggu pertama dapat sembuh dengan pengobatan antibiotik sesuai anjuran dari dokter tanpa dilakukan perawatan di rumah sakit, cukup dengan beristirahat dirumah sekitar 2-3 hari dan mengkonsumsi antibiotik secara rutin maka gejala akan berkurang, namun konsumsi antibiotik tetap perlu dilanjutkan selama minimal 1 minggu untuk memastikan bakteri tifus telah hilang sepenuhnya dari tubuh. Dari informasi dari Anda dimana gejala sudah membaik, kemungkinan tifus sudah membaik namun pengobatan antibiotik sebaiknya tetap dilanjutkan seperti yang telah disebutkan diatas, selain itu tetap beristirahat total dirumah, makan teratur, dan banyak minum air putih. Berikut informasinya: Pengobatan tifus. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william