Tanya Dokter

  • Apa obat tumor otak selain Operasi

  • Selamat malam dok,
    3 bulan terakhir ini ayah saya lumpuh separo dok,pertama di mulai dari mulut terus kaki sebelah kanan kemudian tangan sebelah kiri,setelah kami rawat di Rumah sakit 2 minggu dan di city scan diagnosa dokter adalah Tumor otak dan dokter menyarankan untuk di adakan opeasi dan tingkat keberhasilanya pun minim ,setalah di rawat 2 minggu keadaan ayah saya mulai membaik walaupun masih belum bisa bicara secara normal , setelah 1 bulan keadaaan ayah saya turun badan secara drastis dan tidak bisa masuk makanan di karenakan tenggorokan sakit, yang jadi pertanyaan saya , apakah benar gejala gejala itu tumor otak , sedangkan beliau tidak pernah mengeluh sedikit pun ttg sakit kepala ,karena tidak bisa makan saya memutuskan untuk di rwat kembali di rumah sakit.mohon penjelasan dari dokter ,

    terima kasih

    Salam,
    Pada pasien dengan gangguan fungsi bicara, kelemahan otot, serta gangguan menelan, secara progresif kemungkinan merupakan salah satu tanda adanya proses desak ruang pada otak yang menyebabkan tekanan dalam kepala. Salah satu penyebab proses desak ruang ini salah satunya dapat disebabkan oleh tumor otak. Diagnosa dapat ditegakkan berdasarkan gejala pasien, serta pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dilakukan, seperti pemeriksaan CT scan atau MRI.
    Gejala tumor otak lainnya adalah:
    1. mual
    2. sakit kepala
    3. mudah mengantuk
    4. gangguan gerak
    5. gangguan keseimbangan tubuh
    6. halusinasi
    7. kejang
    Semua gejala tidak harus langsung terjadi, adanya progresifitas tumor otak menyebab keluhan semakin meningkat, dan sedikit demi sedikit akan tampak. Namun, sebelum semua hal ini dialami, maka proses perawatan dan evaluasi oleh dokter spesialis bedah saraf dan dokter saraf dapat dilakukan untuk membantu menstabilkan kondisi pasien.
    Tindakan dan rencana dokter untuk melakukan operasi diharapkan dapat mengurangi proses desak ruang pada otak, dengan demikian, tindakan medis selanjutnya dapat direncanakan oleh dokter.Namun, semua proses ini perlu didiskusikan dengan dokter yang merawat, baik berupa operasi atau pengobatan medis lainnya (radioterapi, kemoterapi).
    Dengan demikian, ikutilah semua proses medis yang akan dilakukan sesuai indikasi dan tujuannya.
    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga tumor-otak.

    dr. Ulfi