Tanya Dokter

  • Apa obat untuk alergi dingin?

  •  lintang
    Anggota

    dok, saya sepertinya terkena alergi dingin. hal ini disebabkan karena saya sedang merantau didaerah yang bisa dibilang berhawa panas dan ketika saya pulang kerumah(daerah pegunungan) saya mengalami bentol2 dan gatal di sekitar mata dan pipi dan setiap saya pulang kerumah atau kembali ke daerah perantauan hal ini pasti terjadi. bagaimana ya dok ?

    Halo,   Kondisi ini mungkin disebabkan karena perubahan cuaca yang ekstrem secara tiba tiba. Hal ini bia menimbulkan reaksi alergi pada seseorang yang memang telah memiliki bakat alergi sebelumnya. Beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan resiko timbulnya alergi dingin yaitu:

    1. Usia anak-anak dan remaja
    2. Penyakit seperti kanker atau hepatitis dapat meningkatkan resiko terkena alergi dingin.
    3. Infeksi pada tubuh = Mereka yang baru-baru saja terkena infeksi seperti pneumonia (radang paru-paru) lebih beresiko mengalami alergi dingin.
    4. Genetika/ keturunan.
    Diagnosa alergi dingin bisa dilakukan dengan melakukan tes provokasi sederhana yaitu dengan menempelkan es batu pada tangan Anda, jika Anda alergi dingin maka Anda akan mengalami kemerahan, bentol dan  gatal pada tempat yang berkontak dengan dingin. Penanganan alergi dingin yang terbaik adalah menghindari tubuh terekspose dari perubahan cuaca/ suhu yang mendadak dan menghindari cuaca dingin. Namun jika hal ini tidak bisa dilakukan maka Anda bisa memberikan beberapa penanganan sederhana seperti :
    1. Meminum obat antihistamin sebelum Anda pulang kampung dan selama berada pada cuaca dingin. Anda bisa meminum cetirizin / loratadin yang memiliki masa kerja panjang dan cukup diminum sekali sehari.
    2. Menjaga kondisi tubuh tetap hangat dengan menggunakan jaket, syal, celana panjang dll.
    3. Mandi air hangat.
    4. Menggunakan selimut tebal saat tidur.
    5. Minum air jahe.
    Baca topik Alergi dingin. Semoga membantu.   dr. Yusi