Tanya Dokter

  • gatal-gatal hingga muncul bentol kemerahan

  • Halo dokter,saya umur 16 thn saya punya alergi pada kulit sudah lama tpi yg kali ini aneh,dikulit saya timbul bentol" kecil merah dan menyebar serta sangat gatal bagaimana cara mengilangkan bentol" tsb dok? Dan apa obatnya?

    Terima kasih Steffany Marcelia Gorenc atas pertanyaannya. Alergi pada kulit dapat terjadi dengan gambaran yang berbeda, yang paling sering menyebabkan gatal adalah: 1. Urtikaria 2. Dermatitis atau iritasi kulit Urtikaria ditandai dengan adanya bentol-bentol pada kulit yang sangat gatal dan semakin digaruk akan semakin menyebar. Urtika ini pun akan menghilang dengan sendirinya dan sering kambuh. Urtika seringkali disebabkan karena: - Alergi - Infeksi di tempat lain (misalnya saja gigi berlubang) Dermatitis atau iritasi kulit yang terjadi akibat alergi seringkali terjadi akibat adanya kontak dengan suatu zat yang menjadi sumber alergi pasien. Karena itu, hal ini disebut dengan dermatitis kontak alergi. Berbeda dengan urtika, dermatitis biasanya berbentuk kemerahan, kulit terkelupas ataupun bentol-bentol. Untuk mengatasi alergi, tentu saja harus dihindari pencetus alerginya. Selain itu, penggunaan obat-obatan juga didasarkan kelainan kulit yang dialami pasien. Obat dapat diberikan obat minum  seperti CTM, loratadine, cetirizine, dan lainnya ataupun obat oles. Obat oles pun ada berbagai macam. Penggunaan obat anti alergi ini sekaligus untuk meredakan gatal agar meminimalkan penggarukan. Anda juga harus menjaga kebersihan kuku Anda agar pada saat menggaruk, tidak terjadi infeksi. Jika keluhan tidak juga membaik, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter khususnya dokter spesialis kulit dan kelamin. Anda juga dapat membaca artikel terkait: Urtika / biduran Dermatitis kontak Demikian jawaban dari saya, semoga membantu dr. Andika Surya

    halo dok. Saya mau tanya, setelah saya minum alkohol badan saya gatal gatal dan sampai 5 hari ini masih gatal gatal, tetapi sudah mulai mendingan gatalnya. Semestinya saya gimana?