Tanya Dokter

  • Mengatasi wasir dan BAB yang nyeri

  •  Dini Meidyah
    Anggota
    Haloo dok saya dini umur saya 16 thn Saya Terkena hemoroid Sudah Parah sepertinya , awalnya saya Cuma BAB darah saja Trus lama kelaman Terdapat benjolan Yang Keluar dan BAB darahnya berhentii tapii Setiap saat Bab Saya selalu Merasakan rasa Nyeriii Yang luar biasah , apakah saya boleh mengonsumsi Obat pelunak tinja untuk Membantu bab , Dan apakah boleh mengonsumsi obat peredah nyerii ,Jika boleh Apa obat nya dok , Terimakasih!
    Dini Meidyah  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Dini Meidyah,

     

    Salah satu dari penyebab BAB berdarah adalah hemorhoid atau ambeien. Pada terjadinya hemorhoid, juga disertai dengan keluarnya benjolan pada anus yang dapat keluar atau masuk dengan sendirinya namun pada keadaan yang berat benjolan ini dapat tidak masuk sama sekali atau masuk dengan menggunakan bantuan jari.

     

    Selain dari hemorhoid, penyebab dari BAB yang berdarah diantaranya peradangan pada usus seperti penyakit Chron atau kolitis ulseratif, divertikulitis, atau kanker pada saluran cerna bagian bawah. Obat pelunak tinja diberikan untuk melunakkan kotoran yang keras dan penggunaan obat ini pada penderita hemorhoid tidak akan menghilangkan gejala akibat hemorhoid yang dialami.

     

    Beberapa sarana yang dapat dilakukan pada kondisi hemorhoid yaitu dengan mengurangi atau menghindari kebiasaan mengejan saat BAB, mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran hijau, agar-agar atau buah-buahan, cukup minum air putih. 

     

    Namun pada kondisi dimana pendarahan akibat hemorhoid banyak (terus menetes saat BAB), menyebabkan lemas, pucat, atau pada kondisi hemorhoid yang harus dimasukkan kembali dengan tangan atau tidak dapat dimasukkan kembali, sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan dapat dilakukan penanganan untuk mengatasi keluhan anda. Umumnya pada kondisi yang berat, penanganan pada hemorhoid dilakukan dengan metode operasi untuk menghilangkan keluhan.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi