Tanya Dokter

  • Apa obat untuk asam lambung?

  •  Tasya
    Anggota

    Saya 17 tahun dan saya seorang pelajar. Dok, saya sering merasa gejala sbb. Mual, nafsu makan menurun, dada terasa sesak (terutama saat ingin tidur di malam hari), perut terasa panas dan kram, dan kadang2 merasa pusing. Hal ini sering mengganggu konsentrasi saya dalam belajar. Jadi, saya memutuskan untuk pergi ke dokter.

    Saya sudah 2 kali pergi ke dokter umum. Beliau mengatakan bahwa gejala tersebut disebabkan karena stress menjelang ujian nasional. Beliau memberikan saya obat mual dan kram perut. Karena gejala tersebut masih tetap ada disertai mual dan pusing, maka saya pergi ke dokter mata. Mata saya min. 3,5 jadi saya berpikir mungkin minus saya bertambah. Tetapi dokter mata mengatakan bahwa tidak ada masalah dengan mata saya dan memberikan obat vitamin mata.

    Namun, gejala tesebut masih sering terasa bahkan di saat saya sedang liburan, jadi saya pikir tidak mungkin hal ini disebabkan karena stress. Jadi saya memeriksakan diri ke dokter ahli dalam. Beliau mengatakan bahwa saya menderita penyakit asam lambung dan memberi saya obat. Saya mengikuti anjuran dokter, meminum obat secara teratur, dan menghindari makanan yang asam dan pedas.

    Karena saya merasa sudah sehat, maka saya mencoba makan makanan sedikit pedas. Tetapi gejala itu muncul kembali sampai sekarang dan obat yang diberikan dokter sebelumnya sudah habis.

    Jadi, ini yang ingin saya tanyakan, Dok : 1. Apakah itu benar adalah gejala asam lambung? 2. Apakah penderita asam lambung tidak diperbolehkan terlambat makan atau makan pedas sama sekali? 3. Apa obat untuk asam lambung? 4. Hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh penderita asam lambung?

    Halo, Saya akan mencoba menjawab pertanyaan kamu satu demi satu

    1. Dari gejala yang muncul, maka kemungkinan besar kamu memang menderita penyakit asam lambung. Silahkan membaca link berikut tentang gejala penyakit asam lambung
    2. Penyakit asam lambung adalah akibat melemahnya otot yang menghubungan lambung dengan tenggorokan. Ketika seseorang terlambat makan, maka asam lambung diproduksi dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga kemungkinan asam lambung untuk naik dan menimbulkan gejala menjadi besar. Begitu juga dengan makanan pedas.
    3. Cara yang efektif untuk mengobati penyakit asam lambung selain obat-obatan yang diberikan oleh dokter adalah dengan cara menghindari pencetusnya. Silahkan membaca link berikut untuk pengobatan asam lambung
    4. Berikut tips bagi penderita asam lambung :
      • Makan tepat waktu
      • Makan sedikit tapi sering
      • Hindari makanan asam, pedas, berlemak
      • Hindari meminum kafein dan alkohol
      • Berhenti merokok
      • Menurunkan berat badan
      • Rutin berolahraga
      • Hindari berbaring sehabis makan
      • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi
      • Hindari penggunaan pakaian yang terlampau ketat
    Semoga cukup jelas yaa Tasya, dr. Tri

    Tasya  Tasya
    Anggota

    Makasih banyak Dok atas penjelasan dan tipsnya, sangat bermanfaat.