Tanya Dokter

  • Cara mengatasi kolesterol, gula darah, dan asam urat

  •  Anna Athirah
    Anggota

    saya anna, umur saya 19 tahun, tetapi saya rentan diserang penyakit seperti, kolesterol, gula darah dan asam urat yang abnormal. obat apa yang harus saya konsumsi, makanan seperti apa yang bisa saya makan dan saya harus bagaimana selain menjaga pola makan? terima kasih sebelumnya.

    Halo,   Semua penyakit yang Anda tulis diatas merupakan penyakit yang sering terjadi akibat pola makan yang buruk disertai aktivitas/ olahraga yang kurang.  Dan merupakan tanda adanya kelainan / gangguan sindrom metabolik yang bisa menyebabkan Anda jatuh dalam penyakit seperti Diabetes, Hiperkolesterol dan hiperurisemia serta penyakit lainnya. Walaupun penyakit itu tidak serta merta datang begitu saja namun penanganan penyakit ini membutuhkan pengaturan pola makan (apa yang harus dimakan dan sebanyak apa) serta peningkatan aktivitas fisik. Jika keduanya tidak bisa dilakukan maka pemberian obat menjadi satu satunya cara untuk menormalkan kadar kolesterol dll. Obat yang bisa Anda konsumsi untuk permasalahan Anda adalah :

    • Kolesterol = obat anti hiperlipidemik seperti simvastatin, atorvastatin, rosuvastatin, pitavastatin , gemfibrozil, dll.
    • Asam urat = obat anti urisemia seperti allopurinol, colchicine dll.
    • Gula darah = obat anti hiperglikemia tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan. Karena dapat menimbulkan reaksi hipoglikemia yang jauh lebih berbahaya. Maka dari itu sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami kelainan kadar gula darah untuk memeriksakan diri secara seksama dan memastikan status glikemik Anda. Obat ini terdiri dari berbagai macam jenis seperti glibenclamid, glimepirid, metformin dll.
    Pengaturan pola makan yang sebaiknya Anda lakukan antara lain adalah :
    1. Hindari makanan berkadar lemak tinggi = jeroan, gorengan, gajih, daging berlemak, kulit, keju, dll.
    2. Hindari makanan yang bisa menaikan asam urat Anda = seafood, jeroan, ekstrak kuah daging, melinjo, daun-daunan, asparagus, kol, emping, nangka, duren , kacang kacangan dll
    3. Hindari mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi = soda, kopi, kue kering, coklat dll.
    4. Banyak konsumsi air putih.
    5. Hindari alkohol.
    6. Perbanyak buah dan sayur = brokoli, tomat, wortel, terong, jagung, apel, jeruk, kiwi, kapri dll.
    7. Olahraga teratur = joging, jalan cepat, berenang, sepeda statis.
    8. Istirahat cukup.
    9. Hindari stress dan kelola stress Anda.
    10. Relaksasi = massage, yoga, pilates dll.
    11. dll.
    Penggunaan beberapa suplemen yang dianggap bisa membantu menurunkan kadar gula, kolesterol dan asam urat yang beredar di pasaran hingga saat ini belum memberikan hasil yang konklusif dan bisa dipercaya. Karena suplemen seprerti omega 3, minyak ikan, minyak olive oil, dan jenis herbal tidak bisa menyembuhkan penyakit sindrom metabolik Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi