Tanya Dokter

  • Pengobatan nyeri bahu hingga tangan

  •  cahsenepo
    Anggota
    hallo dok saya ingin bertanya.. kenapa ya tangan hingga bahu kiri saya terasa ngilu? lalu setelah saya oleskan crem pijat jadi terasa seperti urat tegang/kejepit? dan satu lagi pertanyaan saya.. saya juga telah meminum obat NEO rheumacyl tablet 2 butir pagi dan siang... lalu setelah itu muncul bintik-bintik benjolan merah(tidak gatal), itu kenapa ya dok? terimakasih
    cahsenepo  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo cahsenepo,

    Nyeri pada bahu hingga tangan dapat dipicu oleh beberapa hal seperti misalnya aktivitas berat yang membuat otot bekerja lebih berat dari biasanay, radang sendi atau artritis, frozen shoulder yang ditandai dengan terbatasnya gerakan bahu dan rasa kaku, nyeri otot, syaraf terjepit dan penyebab lainnya seperti trauma atau benturan pada area sekitar bahu.

    Apabila sudah mengonsumsi obat pereda nyeri seperti yang Anda konsumsi, Anda juga dapat melakukan beberapa upaya untuk meredakan nyeri dengan cara mengompres bagian yang nyeri dengan es batu sampai nyeri berkurang, mengistirahatkan bagian yang nyeri, melakukan relaksasi dengan pijatan ringan, memperhatikan posisi tidur untuk tidak menekan pada sisi yang nyeri, tidur dengan cukup dan tetap lakukan aktivitas ringan tetapi hindari mengangkat beban ataupun aktivitas lain yang membutuhkan banyak kerja otot.

    Jika tetap tidak ada perbaikan, periksakan pada dokter untuk diketahui penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk mencari penyebabnya seperti dengan pemeriksaan lab darah, foto rontgen, pemeriksaan elektromiografi, ataupun pemindaian dengan MRI.

    Ruam yang timbul pada kulit dapat dipicu oleh beberapa hal seperti alergi obat, akibat nyeri sendi, ataupun masalah kulit lain seperti infeksi atau peradangan kulit. Jika ruam disertai demam segera periksakan diri pada dokter.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.