Tanya Dokter

  • Penanganan nyeri bahu dan kaku

  •  Memi N
    Anggota
    Hai dok, nama saya memi. Satu hari sebelumnya saya merasakan pusing akibat masuk angin lalu ibuku memijat bagian bahu ku namun setelahnya kini sudah Dua hari berturut-turut ini saya merasakan sakit dibagian bahu kanan, dan sakitnya semakin sakit kaku untuk digerakkan berasa akan remuk apabila saya gerak atau sekedar menengok ke sebelah kiri. Apabila tidur dan posisi ingin miring ke sebelah kanan itu pasti akan merasa nyeri yang amat nyeri dok. . Mohon solusinya ya dok, terima kasih.

    Halo Memi,terimakasih telah bertanya di alodokter.
    Keluhan yang anda alami dapat disebabkan oleh beberapa hal,misalnya posisi tidur yang salah,terlalu banyak aktifitas dan mengangkat beban berat,paska trauma,ataupun peradangan sendi. Perlu ditanyakan mengenai riwayat anda,apa pekerjaan anda? usia? pernah terjadi kecelakaan atau hantaman keras pada bahu? gejala yang dirasakan apakah disertai dengan kesemutan? Berikut adalah beberapa penyebab nyeri pada bahu:
    1. Frozen shoulder/ adhesive capsulitis (merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada otot bahu,sehingga bahu terasa kaku dan sulit digerakkan)
    2. Spasme otot
    3. Bursitis (radang pada bursa)
    4. Tendinitis (radang pada tendon)
    5. Radikulopati (nyeri menjalar yang disebabkan oleh penyempitan saraf leher)
    6. Gout (Peningkatan asam urat)
    Pada diagnosis di atas perlu dilakukannya pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti rontgen ataupun pemeriksaan asam urat dan pemeriksaan darah terkait. Penanganan sementara yang dapat anda lakukan adalah:
    1. Mengompres dengan kompres hangat
    2. Tidak melakukan aktifitas yang mengangkat beban berat
    3. Mengurangi paparan terhadap udara dingin
    4. Istirahat cukup
    5. mengkonsumsi obat pereda nyeri sementara (parasetamol,hati-hati dengan riwayat alergi)
    6. Berkonsultasi ke dokter umum/spesialis penyakit dalam untuk membantu dalam pemeriksaan serta menegakkan diagnosa yang tepat hingga dapat diberikan penanganan. demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat. Salam dr Celleen