Tanya Dokter

  • obat batuk pada anak usia 18 bulan

  • Malam dok.. Saya mau tanya dok.. Kalau obat batuk yg paling ampuh untuk mengatasi batuk pada anak usia 18 bulan apa yaa dok.. Anak saya sudah periksa dan diberi obat di klinik terdekat.. Tapi batuknya malah terus terusan dok.. Tidak ada perubahan..

    Desy Rahmayanti  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Desy, Batuk pada anak tidak jarang terjadi terutama pada musim seperti saat ini atau saat pergantian musim. Sebagian kasus batuk pada anak disebabkan oleh infeksi virus dan juga akibat kondisi lingkungan sekitar dia berada. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala batuk pada anak adalah:

    • Cukupi kebutuhan cairan anak, tambahan cairan seperti teh hangat, jus jeruk lemon hangat dicampur madu dapat membantu
    • Gunakan uap air panas untuk melegakkan tenggorokan anak dan juga membuat udara kamar menjadi lebih lembab atau gunakan pelembab udara pada kamar jika ada
    • Ajak anak untuk sering mencuci tangan untuk mengurangi penyebaran virus
    • Hindari adanya asap rokok dalam rumah ataupun hindari paparan asap rokok pada anak karena dapat memicu batuk
    Periksakan kembali pada dokter jika keluhan batuk berlangsung lebih dari dua minggu atau timbul gejala lain seperti demam, kesulitan bernapas, napas berbunyi setelah batuk, anak tampak lemas dan rewel, timbul tanda dehidrasi. Dokter nantinya akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan seperti misalnya lab darah, foto rontgen ataupun pemeriksaan lainnya jika dibutuhkan untuk mencari penyebab dan memberi penanganan yang tepat. Baca juga artikel mengenai obat batuk. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.