Tanya Dokter

  • Pengobatan batuk hingga sakit perut

  •  Keiko Ume
    Anggota
    Dok saya batuk" dn stiap batuk bkn sakit perut. Gmna ru dok. Bahaya gk??

    Halo Keiko Ume

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter.

    Batuk merupakan respon alami sebagai sistem pertahanan di saluran napas serta dapat mengeluarkan lendir serta faktor penyebab iritasi dari paru-paru. Saat terjadi proses batuk akan meningkatkan tekanan pada paru-paru dan perut sehingga pada saat batuk perut bisa terasa sakit. Biasanya keluhan ini sering terjadi pada seseorang yang mengalami batuk hebat atau batuk lama. Apabila keluhan batuknya menghilang maka secara otomatis tidak akan timbul nyeri lagi pada perut. Nyeri perut karena pengaruh tekanan saat batuk tidaklah menjadi sesuatu yang berbahaya. Kecuali jika nyeri perut tersebut berlanjut saat sudah tidak ada lagi keluhan batuk. Nyeri perut ini bisa disebabkan oleh hal lain yaitu karena infeksi saluran pencernaan, penyakit asam lambung, ataupun peradangan usus buntu.

    Sebaiknya periksakan diri Anda di dokter untuk mengetahui penyebab batuk serta nyeri perutnya sehingga dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

    Selain itu diperlukan juga istirahat yang cukup, hindari rokok ataupun asap rokok, mengonsumsi makanan yang bergizi serta mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air mineral minimal 8 gelas perhari. 

    Semoga bermanfaat, dr. Asri