Tanya Dokter

  • Batuk berdahak setiap pagi dan cara mengobatinya

  • Dok saya setiap pagi batuk berdahak, mengeluarkan dahak kental, tetapi tidak setiap kali dan saya sebelumnya tidak mempunyai riwayat penyakit paru-paru ataupun gangguan pernapasan. Saya pernah konsul ke dokter saya diberi obat Transbironcho dan infaz juga antibiotik. Waktu saya minum saya tidak batuk kemudian saya berhenti meminum obatnya dan sekarang batuk kembali dok.

    Halo,   Batuk merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan dahak pada saluran pernafasan agar saluran nafas menjadi lega dan bersih. Batuk berdahak biasanya disebabkan karena infeksi pada saluran pernafasan yang semakin berat sehingga memproduksi dahak dalam jumlah yang lebih banyak daripada normal dan menimbulkan keluhan batuk berdahak. Batuk berdahak yang jumlahnya lebih banyak pada pagi hari bisa disebabkan karena :

    1. Bronkiektasis
    2. Pneumonia.
    3. Tuberkulosis.
    4.  Sinusitis.
    5. Bronkitis.
    6. Asma.
    7. Dehidrasi berat.
    8. PPOK
    9. Perokok.
    10. Kurang aktivitas / mobilisasi.
    11. dll.
    Untuk mengetahui penyebab batuk Anda setiap pagi maka pemeriksaan secara langsung akan diperlukan, dokter juga akan menyarankan pemeriksaan lain seperti tes dahak, foto X-ray, tes darah dll untuk memperjelas penyebab keluhan Anda. Penanganan batuk berdahak bisa dengan beberapa cara seperti :
    1. Minum obat batuk ekspektoran seperti ambroxol, bromhexine, asetilsistein dll. Hindari obat penekan batuk yang justru akan memperburuk kondisi batuk Anda.
    2. Banyak minum air putih.
    3. Olahraga teratur dan istirahat cukup.
    4. Banyak makan sayuran dan buah.
    5. Gunakan masker untuk mencegah penularan.
    6. Berhenti merokok. dan menghindari asap rokok.
    7. Minum antibiotik jika perlu sesuai anjuran dokter.
    8. Minum lemon yang dicampur madu untuk meredakan batuk.
    Jika gejala berlanjut maka lakukan pemeriksaan lanjutan agar Anda mendapatkan pemeriksaan seksama dan pengobatan yang terpadu. Semoga membantu.   dr. Yusi