Tanya Dokter

  • Apa obat untuk benjolan di jari tangan?

  • Dok,saya memiliki benjolan dijari tangan saya akibat terlalu tekan menulis.cara mengobatinya bagaimana yah dok?

    Halo Butet......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke yang dalam bahasa medis disebut sebagai callus atau yang orang awam sering menyebutnya sebagai kapalan. Penyakit Kapalan dapat muncul pada jari tangan, kaki, tumit, dan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman juga nyeri saat beraktivitas.

    Penyebab kapalan salah satunya adalah kebiasaan menulis yang terlalu sering dan terlalu menekan. Akan tetapi selain oleh karena hal tersebut, kapalan juga dapat disebabkan oleh : sering memainkan instrumen musik menggunakan jari - jari tangan, menggunakan sepatu yang tidak nyaman, tidak mengenakan kaos kaki pada saat menggunakan Alas kaki, menggunakan alat kerja tidak menggunakan sarung tangan, dan lain sebagainya.

    Jika memang sudah sangat mengganggu, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan sesuai dengan kondisi jari Anda.

    Umumnya apabila memang suatu kepalan, dokter akan memotong kulit yang keras agar menurunkan tekanan pada jaringan di bawah kulit tersebut, agar rasa sakit dapat berkurang. Selain itu biasanya dianjurkan untuk menghindari kebiasaan menulis yang akhirnya dapat menimbulkan kondisi ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati