Tanya Dokter

  • Apa obat untuk bercak merah dan gatal?

  • Dok. Ibu mertua saya sudah hampir 1 bulan ini mengalami bercak merah Dan gatal dikakinya. Awalnya cuma 1 bercak di punggung kaki. Tp setelah hampir 1 bulanan, bercak merahnya menjalar ke betis dah ke paha. Waktu dibawa kedokter bilangnya alergi dan dikasih obat alergi berupa obat yg diminum dan dioles. Nah periksa yg kedua, dokternya bilangnya virus. Dan cuma dikasih obat untuk diminum. Tp semua obat gak ada yg mempan . Bahkan saat ini menjalar juga ke tangannya. ITu penyakit apa ya dok? Dan gimana cara mengatasinya ya dok?
    Anggie Kusuma Wardani  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Anggie Kusuma Wardani,

     

    Munculnya bercak merah pada kulit umumnya disebabkan karena adanya pelepasan sel peradangan pada kulit sehingga menyebabkan kemerahan pada kulit. Pada bercak merah juga kerap kali disertai dengan rasa gatal. Rasa gatal sebenarnya disebabkan karena adanya iritasi pada permukaan kulit akibat adanya partikel asing yang menimbulkan peradangan pada permukaan kulit.

     

    Beberapa penyebab dari munculnya bercak merah pada kulit diantaranya gigitan serangga, Psoriasis, infeksi jamur pada kulitDermatitis alergi, atau Dermatitis kontak iritan. Pada rasa gatal yang memberat, sebaiknya tidak dilakukan garukan kuat untuk menghindari terjadinya infeksi akibat luka garukan, sebaliknya apabila rasa gatal menyerang anda dapat mengompres dengan menggunakan air dingin untuk meredakan rasa gatal pada kulit. Selain itu, sebaiknya hindari juga makanan atau benda yang dapat menyebabkan reaksi alergi apabila anda memiliki alergi. Anda juga tidak dianjurkan untuk menggunakan obat salep atau krim secara bebas untuk mencegah reaksi yang tidak diinginkan pada kulit.

     

    Tetapi pada munculnya bercak merah yang disertai dengan rasa gatal yang sudah menetap selama 1 bulan atau lebih, terutama apabila rasa gatal menyebabkan gangguan dalam beraktivitas sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan terhadap bercak merah disertai rasa gatal yang kerap mengganggu sehingga melalui pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang apabila diperlukan seperti pemeriksaan darah atau pemeriksaan kerokan kulit dapat diketahui penyebab dari keluhan dan dapat diberikan penanganan untuk mengatasi keluhan.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi