Tanya Dokter

  • Apa obat untuk bintik bintik( mrintis ) pada wajah pria?

  • halo dok, saya mau nanya apa yang harus saya lakukakan pada wajah saya yang bintik bintik ( mrintis ) , sebelumnya tidak terlalu banyak tapi setelah memakai pembersih muka G****r men dan pelembabnya wajah saya jadi mrintis, tolong solusinya dok , makasih sebelumnya.

    Halo,   Bintik pada wajah pria bisa disebabkan karena :

    1. iritasi akibat produk kulit tertentu
    2. acne komedonal
    3. miliaria
    4. infeksi virus
    5. dermatitis
    6. dll.
    Untuk mengetahui kelainan kulit yang Anda alami maka pemeriksaan fisik secara langsung mengenai kelainan kulit Anda akan diperlukan. Dengan pemeriksaan ahli (dokter) maka penyebab kelainan kulit Anda bisa diketahui dan tentunya segera diobati agar tidak bertambah buruk. Untuk mengurangi bintik tersebut, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :
    1. Stop penggunaan produk pembersih wajah Anda.
    2. Bersihkan wajah minimal 2 kali sehari dengan sabun antibakteri atau sabun ayng sesuai dengan jenis kulit Anda.
    3. Lap kering muka Anda sehabis mandi dan juga segera lap keringat Anda agar tidak menyumbat pori pori.
    4. Gunakan obat oles yang mengandung benzoil peroksida untuk menghaluskan kulit dan mengurangi jerawat.
    5. Minum obat jika bintik terasa gatal.
    6. Hindari memencet bintik Anda agar tidak terinfeksi.
    Jika keluhan Anda tidak berkurang maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang optimal. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menggunakan krim khusus, atau melakukan peeling bahan kimia dll sesuai jenis kondisi kulit Anda. Baca topik Bintik di wajah dan Iritasi akibat produk. Semoga membantu.   dr. Yusi