Tanya Dokter

  • Penyebab terlambat haid disertai mual dan sering lapar

  • Assalamualaikum.
    Dok saya ingin menanyakan tentang keadaan saya. Saya sudah 18 hari gk datang bulan. Saya sering mual, sering lapar. Kalo pagi gk bisa makan nasi, cuma bisa makan bubur. Tpi baru kemaren pagi saya keluar darah disertai perut mules. Itu knp ya dok??

    Afifah Maulidiyah  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Afifah Maulidiyah,

     

    Sebelumnya perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa siklus menstruasi normal pada wanita berlangsung antara 21 sampai dengan 35 hari semenjak hari pertama haid terakhir. Terjadinya menstruasi lebih cepat dari 21 hari atau lebih lambat dari 35 hari maka dapat dikatakan terjadi gangguan dalam siklus menstruasi yang dapat disebabkan karena adanya stress yang meningkat, kelelahan akibat aktivitas fisik yang terlalu padat, terjadinya kehamilan, gangguan pada indung telur seperti PCOS, gangguan pada berat badan seperti berat badan yang terlalu kurus atau dapat disebabkan karena adanya permasalahan hormonal baik karena hormonal pada otak atau pada daerah kandungan.

     

    Mual terutama pada pagi hari dapat menjadi sebagai salah satu dari tanda tidak pasti terjadinya kehamilan. Selain itu, mual juga dapat disebabkan karena beberapa gangguan diantaranya dispepsia, hepatitis A, atau disebabkan karena vertigo. Mengenai sarapan, sarapan yang dianjurkan tidaklah harus berupa makan nasi namun sarapan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan energi anda sesuai dengan aktivitas.

     

    Anda dapat sarapan dengan roti, atau bubur sebagai sumber karbohidrat yang disertai dengan sumber protein seperti telur atau daging atau susu dan jangan lupa menambahkan sayuran atau buah sebagai sumber serat. 

     

    Beberapa anjuran yang dapat anda lakukan diantaranya :

     

    • Apabila keterlambatan pada menstruasi telah lebih dari 1 minggu semenjak 35 hari dari hari pertama haid terakhir, anda dapat melakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan test pack
    • Mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil namun diseringkan
    • Menghindari pemicu stress yang berlebihan
    • Menghindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman alkohol
    • Makan dengan teratur, 3 kali dalam sehari
    • Beristirahat dengan cukup
    • Berolahraga dengan teratur

     

    Namun apabila gangguan pada menstruasi baru pertama kali muncul, nyeri perut semakin hebat atau disertai dengan mual yang semakin hebat sehingga anda menjadi lemas badan, sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik atau pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah atau USG sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan yang anda alami dan dapat dilakukan pengobatan berdasarkan penyebab.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi