Tanya Dokter

  • apa obat untuk carpal tunnel syndrom?

  • Halo dokter umur sya 33 tahun sya mengalami gangguan kedua kaki dan tangan rasa kebas.mati rasa.dan nyeri" khususnya mlam saat tidur.dan kadang bengkak trus jadi luka.sy bgung sdah brobat kemana mana tpi blum ad hasilnya dan skrg mkin lama makin menjalar jdi sy sempat bingung dan stres.trus gmn solusi dan pengobtan dok? Mksh.

    Uilla Waffa M CimEx  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, CTS atau carpal tunnel syndrom (sindroma terowongan karpal) adalah suatu kondisi yang terjadi akibat terjepitnya saraf medianus di area pergelangan tangan, sehingga keluhan yang terjadi hanya terbatas pada area telapak tangan hingga ke jari I, II, III dan setengah jari IV. Melihat adanya keterlibatan pada kaki, bahkan terdapat masalah seperti bengkak dan sebagainya, maka kemungkinan masalah anda bukanlah CTS, kemungkinan lain, CTS yang disertai pula adanya kelainan lainnya. Hanya dari penjabaran yang anda sampaikan, akan sangat sulit untuk menentukan penyebab pastinya, akan tetapi nyeri seperti yang anda rasakan dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab seperti :

    • Masalah pada saraf tepi seperti neuropati / polineuropati oleh sebab apapun
    • Masalah pada sistem pembuluh darah seperti penyakit pembuluh darah nadi tepi (PAD / peripheral arterial disease)
    • Masalah metabolik seperti diabetes mellitus yang dapat menyebabkan komplikasi kerusakan saraf
    • Psikosomatis / gangguan psikologik
    Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter, seharusnya dari wawancara medis yang terarah dan pemeriksaan fisik yang cermat, meliputi pemeriksaan fisik umum, pemeriksaan neurologis, khususnya manuver tertentu yang dapat membantu mengarahkan diagnosa, dan perbandingan tekanan darah lengan dan kaki untuk melihat kemungkianan adanya masalah pada pembuluh darah, setidaknya dokter akan dapat menentukan arah kecurigaan penyebab penyakit ini, meski untuk menentukan penyebab pastinya pasti memerlukan pemeriksaan penunjang tambahan. Jika diperlukan dokter dapat merujuk anda ke spesialis yang sesuai dengan kecurigaan penyebab, dapat ke ahli penyakit dalam, neurolog/ahli saraf, atau ke ahli pmbuluh darah. walaupun demikian, adanya keluhan kebas, mati rasa, dan nyeri lebih mengarahkan keluhan pada masalah di sistem saraf dengan penyebab yang bervariasi. baca tautan berikut mengenai neuropati demikian yang dapat saya sampaikan ,semog bermanfaat.