Tanya Dokter

  • Mengatasi telat menstruasi akibat diet

  •  ayuanindia
    Anggota
    Halo dok , mau nanya nih saya bulan lalu tlah melakukan diet yang ketat kemudian banyak timbangan yang turun sebulan kemudian saya merasa gejala gejala yang aneh seperti rontoknha rambut kemudian tidak datang bulan dok .. apa yang harus saya lakukan ?

    Halo,

    Haid yang normal dialami selama 3 sampai 7 hari, dengan jarak siklus menstruasi yang normal adalah 28 - 35 hari setiap bulannya dihitung dari hari pertama haid yang terakhir Anda alami. Penurunan berat badan drastis yang terjadi dalam waktu singkat, dapat saja mempegaruhi kerja hormon reproduksi estrogen dan progesteron yang mengatur siklus menstruasi.

    Beberapa penyebab menstruasi tidak teratur adalah :

    1. Masalah pada rahim, saluran telur dan indung telur, seperti sindrom ovarium polisistik, ovarium yang berhenti berfungsi lebih dini.
    2. Gangguan kelenjar tiroid dan kelainan yang berhubungan dengan ketidakseimbangan hormonal.
    3. Gangguan makan yang berhubungan dengan masalah psikologis , kondisi obesitas yang ekstrem.
    4. Penyakit berat dan atau yang terjadi dalam waktu lama tanpa penanganan yang sesuai sehingga menyebabkan perubahan metabolisme dan kadar hormon dalam tubuh seperti TBC dengan derajat yang berat, stroke, penyakit lainnya.
    5. Stress emosional, Depresi. Kondisi kejiwaan yang terganggu, dapat menyebabkan metabolisme hormon terganggu dan menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur.

     

    Rambut rontok dapat berhubungan dengan kondisi ketidakseimbangan hormon reproduksi. Dapat juga disebabkan oleh pola makan yang tidak mengandung gizi seimbang, kulit kepala yang teriritasi karena penggunaan produk sintetik, penyakit yang mengganggu metabolisme tubuh dan masalah lainnya.

    Sebaiknya, Anda melakukan penurunan berat badan secara sehat dan realistis dengan cara berikut :

    • Perhatikan makanan yang Anda makan, pastikan makanan bergizi seimbang, tinggi serat, rendah lemak dan rendah Kalori. Pilih makanan yang diolah dengan cara direbus/dikukus/dipanggang/ditumis (hal ini bertujuan agar jumlah minyak yang masuk ke dalam tubuh dikurangi), usahakan mengatur jam makan dengan rentang waktu tidak lebih dari 4 jam supaya Anda tidak terlalu lapar dan tetap makan dalam porsi yang lebih sedikit jumlahnya. Makan minimal 3 porsi sayur dan 2 porsi buah, sesekali mengganti nasi putih dengan jagung/ubi/singkong yang kaya akan serat.
    • Utamakan mengkonsumsi air minum dalam jumlah cukup, hindari semua jenis minuman dalam kemasan karena biasanya mengandung gula yang tinggi. Hindari juga makanan dan minuman manis, terutama camilan di antara makan. Pilih potongan buah atau minum air mineral bila lapar di antara waktu makan. Biasakan selalu membaca label komposisi gizi dalam kemasan makanan/minuman untuk memastikan jumlah energi yang masuk ke dalam tubuh.
    • Ingat selalu beristirahat cukup di malam hari (minimal 7 jam) dan melakukan olahraga secara rutin 5x dalam seminggu (setiap sesi olahraga 30 - 60 menit).

     

    Bila Anda sudah mencoba memperbaiki cara menurunkan berat badan selama 2 minggu, namun rambut tetap rontok dan tidak haid, sebaiknya berkonsultasi langsung dengan Dokter.. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis yang menyeluruh untuk menentukan penyebab dari keluhan yang Anda alami menyangkut siklus menstruasi. Dokter mungkin akan memerlukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan USG. 

    Silahkan klik di sini untuk membaca mengenai Menstruasi Tidak Lancar.

    Demikian info yang dapat Kami sampaikan, semoga membantu Anda. 

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.