Tanya Dokter

  • Apa obat untuk demam?

  • Assalamualaikum dok,saya nitha usia saya 25 tahun,sudah lebih dari satu tahun saya selalu merasakan nyeri di payudara seblh kanan dan ada benjolannya. Saya sempat berobat kata dokter saya terkena abses atw bisul dan sempat pecah juga bisulnya tapi sampai skrg walaupun tidak pecah lagi tpi terkadang saya selalu merasakan sakitnya dan benjolnya pun jg masih ada bahkan sekarang payudara sebelah kiri juga ada benjolannya dan terkadang merasakan sakit jg. Menurut dokter apakah mungkin saya terkena kanker payudara?atau masih bisul jg?atw penyakit yg lain dok?trus apakah bisul dipayudara klo dibiarkan akan berbahaya dok?trus apakah memang harus dioperasi kah dok??trimkasih ditunggu blsannya ya dok.

    Hai nitha Bisul atau abses payudara biasanya tidak berlangsung sangat lama sampai 1 tahun kecuali berulang. Jika ada bisul atau abses sebaiknya segera terapi dengan pengobatan antibiotik dan bila perlu dengan disayat secara steril untuk mengeluarkan nanahnya. Bisul biasanya bukan suatu penyakit yang berbahaya namun memerlukan pengobatan. Untuk memastikan kanker payudara diperlukan pemeriksaan oleh dokter dan pemeriksaan penunjang seperti mammografi, USG, dan biopsi pada benjolan. Penyebab benjolan payudara lain yang mungkin antara lain:

    • Fam (fibroadenoma mammae) : benjolan jinak dari payudara
    • Kista : benjolan jinak yang berisi cairan
    • Lipoma : Benjolan jinak dari lemak
    • dan lain-lain.
    Mengenai kanker payudara dapat Anda baca di artikel alodokter.com dibawah ini: Kanker Payudara Diskusi mengenai benjolan payudara bisa Anda baca pada link dibawah ini: Apa benjolan payudara merupakan kanker payudara? Tumor jinak di payudara Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william