Tanya Dokter

  • apa obat untuk demam?

  •  Tyans Codeat
    Anggota

    Sore dok.. Sya mau tanya, ibu saya dah 2 hari kedinginan kira2 penyakit apa yah dan apa yang harus saya lakukan

    Hai, Demam merupakan kondisi suhu tubuh diatas 37,5 derajat celcius. Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami demam maka dibutuhkan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan termometer. Mengukur suhu tubuh tidak dapat hanya menggunakan persepsi subjektif dengan tangan. Kedinginan atau menggigil merupakan salah satu gejala yang dapat mengiringi terjadinya demam. Berikut merupakan gejala-gejala yang dapat menyertai demam :

    1. sakit kepala
    2. berkeringat dingin
    3. batuk-batuk
    4. sakit tenggorokan
    5. sakit otot
    6. mual dan muntah
    7. diare
    8. hilang nafsu makan
    9. lemah badan
    10. dan lainnya
    Kelompok gejala-gejala yang terjadi bersamaan dengan demam berbeda-beda tergantung dengan apa kondisi yang mendasari demam tersebut. Demam dapat diakibatkan oleh infeksi bakteri, virus, parasit, dan kondisi-kondisi medis lainnya. Sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter jika Anda telah mengalami demam lebih dari 3 hari, suhu tubuh diatas 39 derajat celcius, atau terjadi gejala-gejala berat yang sangat mengganggu. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang, seperti laboratorium darah. Untuk membantu mengatasi demam Anda dapat melakukan hal-hal berikut di rumah :
    • istirahat yang cukup
    • konsumsi makanan bergizi
    • banyak minum air putih
    • kenakan pakaian tipis, dan jangan berada di ruangan dengan suhu ruangan yang dingin
    • untuk pertolongan pertama Anda dapat membeli obat penurun panas yang dijual bebas, seperti parasetamol dan ibuprofen
    Artikel lengkap mengenai demam dapat Anda temui di halaman berikut : http://www.alodokter.com/demam/   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.