Tanya Dokter

  • penyebab sering kesemutan di tangan

  • dokter please tolong saya dokter, kedua tangan saya setiap hari, jam, menit, bahkan detik selalu kesemutan,tapi cuma kedua tangan aja Dok, anggota tubuh lain tidak, rasanya seperti kena setrum, nyeri banget, dan kalo lagi datang nyerinya bisa sampai berjam jam saya ngerasainnya Dok, itu kira2 tnda penyakit Apa dan apa kira2 obatnya dok...???

    facebook1321027667931127  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Tutiek, Keluhan kesemutan, seperti terkena strum, dan nyeri di tangan kemungkinan bisa disebabkan karena carpal tunnel syndrome (CTS). CTS adalah suatu kondisi saraf terjepit pada saraf pergelangan tangan (nervus medianus). Gejala CTS selain yang Anda rasakan juga bisa berupa jari dan tangan mati rasa, ibu jari melemah, nyeri pada lengan, kurang sensitif terhadap sentuhan, kemampuan tangan berkurang, dll. Gejala akan memberat ketika tangan digunakan untuk bekerja misalnya menguleg, mengucek, menyapu, naik motor, dll. Perjalanan penyakit umumnya akan semakin berat dalam beberapa tahun kedepan. Pemeriksaan untuk CTS adalah dengan EMG, rontgen, tes darah, tes fisik, studi konduksi saraf, dll. Penanganan CTS adalah dengan obat antiinflamasi non steroid, kortikosteroid, bebat pergelangan tangan, injeksi steroid, hingga operasi CTS release bila obat-obatan sudah tidak lagi membantu. Selain karena CTS, keluhan yang Anda rasakan juga bisa disebabkan karena penyakit lain yang gejalanya mirip yaitu neuropati, cervical radikulopati, pronator teres syndrome, dan de quervain syndrome. Oleh sebab itu sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar bisa diperiksa lebih lanjut untuk memastikan penyebab keluhan ANda sehingga Anda bisa diberikan penanganan yang tepat. Penanganan yang diberikan akan disesuaikan dengan penyebab dan kondisi Anda. Sementara itu, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    • Kurangi kegiatan yang menggunakan tangan sehingga tangan tidak over use
    • Istirahatkan tangan jika mulai terasa kesemutan
    • Kompres hangat jika tangan nyeri
    • Tidur dengan posisi tangan dan lengan diluruskan
    Berikut artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda: Carpal tunnel syndrome Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y