Tanya Dokter

  • Apa obat untuk demam?

  •  Umi Maryam
    Anggota

    siang dok...saya mw mnnyakan ttg kelainn saya stlah sy mlahirkan 2 bln yg lalu. pada kemaluan saya terasa ad yg teraba saat saya mmbersihkan stlh buang air.saya blom k doktr se dok..cuma sy sdah mncoba u d urut n minum jamu trdsional.jeranya sy klo itu turun peranakan knpa terkadang dia terba dan terkadang tidak dok..itu yg mmbuat sy agak bingung.saran nya dok..apkh itu trmsuk prolaps uteri yg spt sy bca artcelnya it ato bukan ..tapi saya tdk mrrasa sakit klo sdg pipis dan tidak sakit pd pinggang dpn mwpun blkang..hanya saja perutngiam bawah dan tulang atas vagina itu terasa nyeri...tlong y dok..mksh..

    Hai, Turun peranakan atau yang dikenal di dunia medis dengan nama prolaps uteri merupakan kondisi yang bisa dialami oleh wanita pada usia berapa saja, namun lebih sering terjadi pada wanita yang telah beberapa kali melahirkan dengan jalan normal. Prolaps uteri terjadi ketika otot-otot dasar panggul kehilangan kekuatannya dan menyebabkan uterus / rahim kehilangan penyangganya sehingga dapat 'turun' hingga menonjol keluar dari vagina. Gejala-gejala prolaps uteri berbeda tergantung tingkat keparahannya. Jika mengalami prolaps uteri sedang atau parah umumnya Anda akan merasakan gejala seperti :

    • adanya jaringan yang menonjol dari vagina
    • sensasi berat atau rasa seperti ditarik pada daerah pelvis (perut bagian bawah)
    • gangguan pada buang air kecil dan buang air besar
    • sakit punggung bawah
    • perasaan seperti ada yang terjatuh keluar dari dalam vagina
    • keluhan biasanya lebih ringan pada pagi hari dan memburuk seiring dengan berjalannya hari
    • dan lainnya
    Namun benjolan pada daerah kewanitaan setelah melahirkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, bukan hanya prolaps uteri. Berikut merupakan beberapa kemungkinan penyebab lainnya :
    1. varises pada vulva - pembengkakan vena pada bagian luar kemaluan
    2. urethrocele - prolaps dari uretra (bagian dari salura kemih)
    3. cystocele - prolaps kandung kemih ke vagina
    4. rectocele - prolaps dari rektum ke vagina
    5. kutil kelamin
    6. dan lainnya
    Untuk mengetahui secara pasti penyebab dari benjolan pada kemaluan yang Anda alami, Anda sebaiknya menemui dokter secara langsung. Dokter perlu untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, termasuk pemeriksaan dengan menggunakan spekulum. Pengobatan untuk mengatasi gejala tersebut akan berbeda-beda tergantung apa yang ditemukan menjadi penyebabnya. Anda dapat membaca artikel terkait : Perubahan tubuh wanita pasca melahirkan   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari