Tanya Dokter

  • Apa obat untuk diabetes

  •  kho_15
    Anggota
    dok apa diabetes bisa sembuh... ?

    Halo Kho 15 , terima kasih atas pertanyaannya. Diabetes mellitus merupakan kondisi dimana terdapat gangguan metabolisme karbohidrat (gula) akibat gagalnya kelenjar pankreas (getah perut) untuk menghasilkan hormon insulin (hormon yang bertugas membantu metabolisme karbohidrat). Diabetes terdiri dari 2 jenis yaitu diabetes tipe 1 dimana terjadi kelainan bawaan yang menyebabkan seseorang tidak memiliki hormon insulin sama sekali. Sedangkan diabetes tipe 2 merupakan kelainan hormon insulin yang didapat, pada awalnya tidak ada masalah dalam produkis hormon insulin namun akibat pola hidup yang tidak sehat mengakibatkan masalah dalam produksi insulin.

    Diagnosis untuk diabetes mellitus didapatkan dari pemeriksaan kadar gula darah dalam tubuh. Berikut adalah kadar gula normal :

    • gula darah puasa normal 80-100 mg/dl (didapatkan dengan pemeriksaan gula darah setelah berpuasa selama 10 jam)
    • Gula darah 2 jam setelah makan 80-144mg/dl (didapatkan dengan pemeriksaan makan setelah 2 jam makan)
    • seseorang dikatakan menderita diabetes mellitus, apabila didapatkan gula darah puasa lebih dari sama dengan 126 mg/dl dan gula darah setelah makan lebih dari sama dengan 198 mg/dl.

    Hingga saat ini diabetes tidak bisa disembuhkan namun bisa dikontrol dengan meminum obat secara rutin. Segera temui dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat,

    d.r ANissa