Tanya Dokter

  • Penanganan tepat untuk gejala usus buntu

  •  Lhisa Yumita
    Anggota
    Assalamualaikum dokter, dok sy mau tanya. Ini kan saya sdh 3 hari mengalami rasa sakit di bagian perut atas. Awalnya sakit perut bagian atas kmudian menjalar sampai ke perut kanan bawa stlah benerapa saat kemudian mejalar lagi smpai ke perut kiri hingga sampai sekarang sy belum mngetahui apa penyebabnya.kemudian yang ingin saya tanyakan dokter kira-kiri ini gejala apa ya? Apaka ini penyakit maag, gejala ginjal,atau gejala usus buntu? Makasih sebelumnya dok.

    Hai Lhisa.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Nyeri perut dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, karena terdapat berbagai macam organ dalam perut. Nyeri perut merupakan keluhan yang umum terjadi dan nyeri berbeda- beda dapat berusa rasa panas, melilit, atau keram perut. 

    Beberapa penyebab nyeri perut yaitu:

    Gejala usus buntu yang anda tanyakan, penderita akan merasa: kembung, mual, muntah, sulit BAB atau diare, demam, dan nyeri awalnya dirasakan di perut bagian tengah dan selanjutnya nyeri dirasakan pada perut kanan bawah. 

    Bila keluhan nyeri pert anda tidak nerkurang dan disertai dengan: demam, sulit BAB, sulit BAK atau nyeri bila BAK, muntah- muntah, nyeri perut bila disentuh, muntah darah atau BAB disertai darah maka baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik anda, dapat diikuti dengan pemeriksaan suhu, lab darah, USG, cek urin, pemeriksaan feses, rontgen perut dll disesuaikan dengan temuan saat pemeriksaan. Pengobatan nyeri perut dapat berbeda- beda sesuai dengan penyebab, bisa berupa antibiotik, obat lambung, anti radang, dll.

    Beberapa yang dapat anda lakukan ialah:

    • Minum air putih yang cukup minimal 2 liter per hari
    • Makan makanan yang bergizi seimbang
    • makan sayur dan buah bila keluhan disertai susah BAB
    • Hindari kopi, merokok, dan minuman bersoda
    • Jaga kebersihan makanan dan kebersihan alat makan
    • Bila keluhan disertai demam, anda dapat mengkonsumsi paracetamol untuk sesuai dosis yang tertera

    Semoga bermafaat

    dr. Iriyanti