Tanya Dokter

  • Penanganan luka akibat gigitan kucing

  • Hallo dok... Kmrn sy d gigit kucing saya... Dan gigitanx bolong kecil... Setalh di gigit saya langsung mencuci kaki saya dengan sabun... Malamx kaki saya tiba2 saja sakit... Dan keesokan hrx bengkak besar, dan membuat sy susah utk berjln...krn bekas luka gigitan itu menjadi linu... Kira2 itu kenapa ya dok... Dan ap obat agar bengkak di kaki sy mengecil dan tdk skit lg.. Terima kasih dok.

    Hai Gia Dwi Permatasari

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter.

    Luka akibat gigitan atau cakaran kucing dapat menyebabkan infeksi rabies. Disarankan ketika setelah digigit kucing, luka tersebut dibersihkan di bawah air mengalir dengan menggunakan sabun dan dicuci selama lima belas menit. Setelah dicuci, luka dibersihkan dengan antiseptik atau alkohol kemudian luka tersebut tidak boleh ditutup. 

    Apabila luka tersebut menjadi bengkak, nyeri dan kemerahan, maka luka tersebut sedang mengalami proses peradangan karena adanya infeksi. Untuk mengurangi nyeri, untuk sementara Anda boleh mengonsumsi Ibuprofen.

    Sebaiknya setelah melakukan penanganan di rumah, segera periksakan diri ke dokter dan beritahu dokter bahwa luka tersebut karena gigitan kucing, kemungkinan dokter akan memberikan vaksin antirabies dan dokter akan segera membersihkan luka tersebut.

    Semoga bermanfaat, dr. Asri