Tanya Dokter

  • Apa obat untuk hepatitis B ?

  •  marlina
    Anggota

    selamat sore dok,,,

    saya mau tanya,,,beberapa hari yg lalu saya cek hbsAg di perusahaan saya bekerja dan hasil nya saya (+) hepatitis B,beberapa kerabat saya menganjurkan saya mengkonsumsi temulawak, bagaimana menurut dokter ?

    Hai, Temulawak (curcuma xanthorrhiza) merupakan tanaman asal Indonesia yang banyak digunakan sebagai tanaman obat. Beberapa penelitian mencatat manfaat temulawak sebagai hepato-protektor, artinya memiliki khasiat untuk melindungi hati dari kerusakan akibat toksin atau racun. Namun demikian, temulawak tidak dapat digunakan sebagai pengobatan untuk menyembuhkan penyakit hepatitis B. Hepatitis B merupakan infeksi pada hati yang disebabkan oleh virus. Menurut lamanya infeksi yang terjadi hepatitis B dapat dibedakan menjadi:

    1. Hepatitis B akut, yaitu infeksi yang terjadi kurang dari 6 bulan (umumnya  30-90 hari)
    2. Hepatitis B kronis, yaitu infeksi terjadi lebih dari 6 bulan. Hepatitis B kronis beresiko untuk berkembang menjadi sirosis hati ataupun kanker hati.
    Terapi pada hepatitis B meliputi:
    • Hepatitis B akut: tidak ada pengobatan khusus karena infeksi akan sembuh dengan sendirinya. Pengobatan yang diberikan bertujuan untuk meredakan gejala (obat anti mual, penurun demam dan sebagainya). Selain itu disarankan agar menjalankan pola hidup sehat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi virus.
    • Hepatitis B kronis: pengobatan yang diberikan bertujuan untuk mencegah kerusakan hati dan menghambat produksi virus. Obat yang diberikan adalah golongan anti-viral (lamivudine, adefovir, telbivudine) maupun interferon alfa-2b.
    Disarankan agar Anda dapat berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menilai kondisi yang Anda alami dan menentukan penanganan yang tepat. Penjelasan selengkapnya dapat dibaca pada laman berikut ini: Hepatitis B Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman