Tanya Dokter

  • apa obat untuk hernia?

  •  Noer Khasanah
    Anggota

    Assalamualaikum Dok,saya wanita usia 28thn dan sudah menikah,saya mau tanya,saya menderita benjolan diperut bagian bawah,sebelah selangkangan bagian kanan,benjolannya keluar disaat saya kecapean/berdiri terlalu lama,saat benjolan keluar saya merasakan nyeri,dan saat benjolan ditekan benjolan akan menghilang,apa benar itu penyakit hernia,mohon jawaban dan solusinya. Terimakasih.wassalam.

    Noer Khasanah  dr. Nofrina
    Dokter

    Waalaikumsalam wr wb, Hi Noer Khasanah, Hernia merupakan protusi atau penonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rogga bersangkutan. Hernia itu sendiri terdiri atas cincin, kantong, dan isi hernia. Berdasarkan proses terjadinya, hernia terbagi atas hernia bawaan/kongenital dan hernia akuisita/didapat. Penamaan Hernia itu sendiri diberikan sesuai dengan letaknya, contoh herniasi pada regio inguinal disebut hernia inguinalis, herniasi pada regio scrotum disebut hernia scrotalis, herniasi pada regio femoralis disebut hernia femoralis, dan sebagainya. Menurut sifatnya, hernia dapat dibagi menjadi :

    • Hernia reponibel, yakni kantong hernia dapat kembali sendiri ke tempat yang seharusnya.
    • Hernia irreponibel, yakni kantong hernia tidak dapat kembali lagi ke tempat yang seharusnya.
    • Hernia inkaserata, yakni kantong hernia terperangkap di cincin sehingga menimbulkan gangguan passase/gerak dari kantong dan isi hernia.
    • Hernia strangulata, yakni terjadi gangguan vaskularisasi pada kantung hernia yang dapat menimbulkan kematian jaringan pada isi hernia yang terjepit oleh cincin tadi.
    Dari gejala dan letak yang anda sebutkan, kemungkinan keluhan tersebut mengarah kepada hernia femoralis/inguinalis yang masih bersifat reponibel. Hernia femoralis terjadi saat ada jaringan lemak atau sebagian usus yang mencuat ke bagian atas paha bagian dalam atau selangkanan, sedangkan hernia inguinalis terjadi saat ada sebagian usus yang menjulur dari abdomen/perut bawah dan mencuat ke selangkangan. Ada baiknya untuk memeriksakan lebih lanjut kondisi tersebut ke dokter ahli bedah terdekat agar didapatkan diagnosa pasti dan terapi lanjutan secara cepat dan tepat. Terapi utama pada penyakit ini masih terbatas pada tindakan operasi dengan cara penjahitan pada lubang/tempat terjadinya kelemahan otot dan pemasangan mesh sebagai penghalang lubang. Pada dasarnya hernia tipe reponibel tidak membahayakan dan jarang menimbulkan komplikasi, sehingga penundaan operasi masih dimungkinkan sampai dengan pasien merasa siap untuk dilakukan operasi. Lain halnya jika tipe hernia yang  dialami adalah irreponibel, pada tipe ini dikhawatirkan akan jatuh kedalam kondisi yang lebih berat yakni strangulata maupun inkaserata, maka dokter biasanya akan segera menyarankan untuk dilakukan tindakan operasi. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan pada otot-otot dan jaringan abdomen, seperti :
    • Menjaga berat badan ideal,
    • Konsumsi makanan berserat tinggi,
    • Mengangkat benda berat dengan hati-hati atau bahkan menghindari mengangkat benda berat jika memungkinkan,
    • Tidak merokok, karena merokok dapat menyebabkan batuk kronik yang merupakan salah satu faktor risiko terkena dan memperberat hernia.
    Sebaiknya anda juga membaca artikel mengenai Hernia dan Empat Jenis Hernia Pada Wanita yang telah disusun oleh tim Alodokter. Semoga membantu. Salam, dr. Nofrina