Tanya Dokter

  • apa obat untuk hiv ?

  •  Mbak Nether
    Anggota

    slamat siang dok :) . saya desti saya berumur 15 tahun . saya seperti nya terkena penyakit hiv . dan saya sudah terkena gejala nya dok . apa yg harus saya lakukn skrang . apa obt untuk meringankn dri pnyakit berbahaya ini dok .

    Hai Desti,

    Saya sangat mengerti kekhawatiran anda.

    Obat untuk HIV akan diberikan jika seseorang sudah pasti terdiagnosa HIV. Jika sudah positif HIV obat yang akan diberikan adalah Antiretroviral (ARV) yang bertujuan untuk menghambat perkembangan virus, meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi kemungkinan infeksi yang berhubungan dengan HIV.

    Bacalah lebih lanjut tentang obat HIV

    Infeksi HIV tidak akan memberikan gejala tertentu. Sebagian memperlihatkan gejala tidak khas pada infeksi HIV akut 3 - 6 minggu setelah terinfeksi seperti demam, batuk, pilek,diare dll. Setelah infeksi akut, dimulailah infeksi HIV asimptomatik(tanpa gejala). Masa ini umumnya berlangsung selama 8 - 10 tahun. Seiring dengan makin memburuknya kekebalan tubuh dapat timbul gejala lain yaitu berat badan menurun,demam lama,rasa lemas, pembesaran kelenjar getah bening, diare,TB herpes, infeksi jamur dll.

    Pemeriksaan darah untuk mengetahui secara pasti apakah seseorang terinfeksi HIV sangat penting dilakukan, karena gejala klinis yang baru terlihat bertahun-tahun lamanya.Pemeriksaan darah yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan adanya antibodi terhadap HIV.

    Jika merasa mungkin terkena penyakit HIV, segera konsultasilah dengan dokter dan dapat diberi pengobatan segera.

    Silahkan Baca artikel tentang HIV

    Salam,

    dr.Agnes Maureen