Tanya Dokter

  • apa obat untuk infeksi kulit gatal-gatal ?

  • Malam dok

    Aku punya teman, dia terkena infeksi kulit yang disebabkan gatal-gatal, dan dialami kurang lebih satu minggu, penyakit itu penyebabnya apa dan cara pengobatannya bagaimana ya ? Apa penyakit itu menular ?

    Hai, Gatal-gatal merupakan keluhan yang seringkali dikeluhkan oleh hampir setiap orang. Penyebab gatal-gatal pada tubuh sangat beragam, diantaranya :

    1. infeksi jamur - candidiasis, tinea (kurap)
    2. infeksi parasit - skabies (kudis), pedikulosis
    3. infeksi virus - cacar air, campak
    4. infeksi bakteri - imoetigo
    5. miliria (biang keringat)
    6. psoriasis
    7. utrikaria
    8. dermatitis atopik
    9. neurodermatitis
    10. dermatitis kontak alergi
    11. dan lainnya
    Untuk mengetahui apa penyebab dari keluhan gatal yang Anda alami, tidaklah mungkin tanpa adanya pemeriksaan langsung oleh dokter. Dokter perlu untuk mengetahui lebih lengkap mengenai riwayat keluhan serta memeriksa langsung untuk melihat lokasi, bentuk lesi serta persebarannya pada tubuh. Selain itu dokter juga perlu untuk melakukan pemeriksaan penunjang medis lain. Pengobatan yang dianjurkan akan berbeda tergantung dari apa yang ditemukan menjadi penyebab dari keluhan gatal yang Anda alami. Berikut merupakan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah gejala menjadi memburuk :
    • jangan menggaruk area yang gatal, lebih baik diusap
    • potong kuku jari tangan
    • kompres dengan handuk / kain dingin
    • konsumsi obat penghilang gatal seperti antihistamin
      Berikut merupakan artikel terkait yang dapat Anda baca : resiko dibalik kulit gatal   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari