Tanya Dokter

  • Benjolan di kantong testis pasca operasi hernia

  •  Reviantz
    Anggota
    Selamat Sore Dok, saya reno usia 23 tahun. Bulan Juli kemarin, saya habis melakukan operasi Hernia sebelah kiri. Dan pasca operasi tersebut, sampai sekarang masih terdapat benjolan di dalam (bawah garis operasi) dan saya tidak demam atau merasa nyeri. Setelah saya konsultasikan dgn Dokter yg melakukan operasi kmrn, disuruh lakukan tindakan lagi (Operasi). Tetapi, setelah saya baca2 artikel alodokter ada pula dokter yg bilang tidak perlu operasi. Mohon bantuannya dok??

    Halo Reviantz, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Adanya benjolan dalam kantong testis, perlu dievaluasi terlebih dahulu apa penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan adanya benjolan dalam kantong testis:

    1. varikokel atau pelebaran pembuluh darah vena di kantong testis (atau disebut juga varises testis)
    2. hidrokel atau penumpukan cairan di kantong testis
    3. kista epididimis atau spermatokel, yaitu penumpukan cairan dalam suatu kantong kista yang terletak di daerah epididimis (tempat penyimpanan sperma)
    4. torsio testis atau terjadinya puntiran pada jaringan penggantung testis
    5. orkitis dan epididimitis atau peradangan pada testis dan epididimis, dapat disebabkan karena infeksi bakteri ataupun virus
    6. hernia yang terjadi kembali
    7. kanker testis

     

    Tata laksana untuk setiap penyakit di atas tentunya berbeda-beda, oleh karena itu, ada baiknya anda bertanya kepada dokter yang memeriksa anda terlebih dahulu apakah penyebab benjolan di testis yang anda alami saat ini. Bila memang kondisi tersebut disebabkan karena varikokel atau spermatokel, maka kemungkinan memang tidak diperlukan terapi apapun kecuali menimbulkan gejala yang mengganggu. Benjolan yang terjadi karena peradangan misalnya orkitis dan epididimitis juga tidak memerlukan terapi operasi untuk menyembuhkannya. Namun bila disebabkan karena peyebab lainnya misalnya hernia yang kembali, atau terjadi torsio testis, kanker testis, maka kemungkinan besar operasi memang jalan yang terbaik untuk dilakukan.

    Bila anda telah mengetahui penyebab benjolan di testis anda tersebut, anda dapat bertanya lebih lanjut kepada dokter apakah terdapat pilihan terapi lain yang dapat dilakukan selain operasi untuk kondisi anda tersebut, serta komplikasi apa yang dapat ditimbulkan bila tidak dioperasi. Hal tersebut dapat membantu anda untuk memutuskan terapi yang terbaik untuk diri anda.

     

    Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia