Tanya Dokter

  • Apa obat untuk insomnia dan bagaimana cara aman penggunaannya?

  • Asalamualaikum dok, apa ada dok obat untuk insomnia yang di jual bebas?karna saya ngga cukup banyak duit buat konsultan ke dokter, slama saya kena penyakit,saya cuma sercing di google dok tentang penyakit saya, begitu juga dengan penyakit insom saya yang udah bertahun,saya sering dok tidur 1 hari cuma 2 jam, dulu saya sampe minum obat warung yang ada efek ngantuk nya biar saya bisa tidur,tapi katanya ituh bahaya buat kesehatan,

    Hai, Insomnia adalah suatu kondisi saat seseorang memiliki kesulitan untuk tidur atau kesulitan untuk mempertahankan tidurnya meskipun memiliki waktu dan kesempatan yang cukup untuk itu. Gejala-gejala orang yang mengalami insomnia bervasriasi tergantung pada jenis insomnia yang diderita, diantaranya :

    1. sulit memulai tidur
    2. sering terbangun saat tidur
    3. terbangun saat tidur dan tidak dapat tidur kembali
    Seseorang yang mengalami insomnia seringkali menjadi tidak segar dan mengalami gangguan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari pada keesokan harinya. Jika pola tidur Anda telah mempengaruhi keseharian Anda, ada baiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Dokter akan menanyakan lebih lengkap mengenai riwayat dari keluhan tidur yang Anda alami serta melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lainnya. Hal ini diperlukan guna menentukan penyebab dari insomnia yang Anda alami, apakah berupa masalah psikologis, masalah fisik, pola hidup, ataupun faktor lingkungan. Mengetahui penyebab insomnia yang Anda alami penting karena pengobatan insomnia haruslah sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Penanganan insomnia dengan obat-obatan pembuat tidur adalah solusi yang sementara dan tidak menuntaskan akar masalah sebenarnya. Penggunaan obat-obatan tersebut juga harus dengan saran dan menggunakan resep dari dokter. Berikut merupakan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi insomnia :
    • lakukan olahraga relaksasi seperti yoga atau pilates
    • lakukan hal yang membuat anda rileks sebelum tidur
    • berpikir postif
    • hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum tidur, seperti kopi, alkohol, teh
    • hindari merokok sebelum tidur
    • hindari konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sebelum tidur
    • menciptakan kamar tidur yang nyaman
    • lakukan olahraga secara rutin setiap minggunya
    • atur pola makan dengan gizi seimbang
    Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca : Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari