Tanya Dokter

  • keputihan disertai sakit perut sebelah kiri

  •  Siti Maryam
    Anggota

    Akhir2 ini saya sering merasakan sakit perut dibagian kiri, dan saya sering mengalami keputihan yang berlebihan. Dan keputihan yang saya alami berwarna hijau, Dok. Saya sangat risih dengan keadaan saya, karena saya takut ada penyakit berbahaya didaerah kewanitaan saya. Saya mohon penjelasannya Dok, apa penyebab dan obat dari keputihan yg berlebihan seperti ini?

    Siti Maryam  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Siti Maryam, Keputihan normal terjadi pada wanita hal ini berfungsi melindungi organ intim wanita dari infeksi, tetapi jika keputihan mulai disertai gejala lain dan cairan yang timbul disertai perubahan warna dapat menjadi tanda adanya gangguan. Beberapa jenis keputihan yang tidak normal seperti:

    • Keputihan disertai nyeri atau perdarahan, dapat disebabkan siklus menstruasi, penyakit menular seksual seperti gonore atau clamidia.
    • Keputihan disertai lendir berwarna hijau, kuning atau berbuih, dapat disebabkan oleh parasit seperti trikomoniasis. Lendir dapat berjumlah banyak, berbau amis dan rasa perih saat berkemih.
    • Keputihan dengan lendir berwarna merah muda atau keputihan berwarna kecoklatan
    • Keputihan dengan lendir cair dengan rasa gatal, dapat dipicu oleh infeksi jamur atau ragi. Gejala disertai rasa gatal dan perih disekitar vagina dan rasa sakit ketika berhubungan seksual
    • Keputihan dengan lendir berwarna putih atau keabu-abuan dengan bau amis, dapat disebabkan oleh infeksi bakteri
    Periksakan diri pada dokter untuk mendapatkan penanganan sesuai dengan penyebab dari keputihan yang terjadi karena masing-masing penyebab memiliki penangan yang berbeda. Jika penyebabnya parasit atau bakteri nantinya dokter akan memberikan antibiotik sedangkan jika penyebabnya adalah infeksi jamur maka akan diberikan obat antijamur. Jaga kebersihan organ intim, hindari penggunaan sabun kewanitaan jika tidak perlu, bersihkan dengan air hangat secara teratur, keringkan segera setelah basah dari arah depan ke belakang untuk menghindari bakteri yang berpindah dari bagian belakang, hindari menggunakan celana yang ketat dan pilih pakaian dalam berbahan katun. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.