Tanya Dokter

  • Penyebab dan penanganan telinga berdengung

  • Jdi saya tidak sengaja main tampar"an dengan teman saya.. dan dia tak sengaja menampar kuping saya.. hingga mendengung keras.. saya coba masukan air kepada kuping saya.. tapi sangat sakit.. trus air nya saya keluarin lagi.. tapi hanya agak mendingan saja dok.. tapi tetap sajah masih ga mendengar dengan jelas.. tidak terlalu jelas orang ngomong di kuping kanan saya ini😅

    Halo Miana......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke yang dalam bahasa medis disebut sebagai Tinnitus, yaitu kondisi ketika merasakan adanya bunyi dengungan di telinga. Bunyi ini dapat terdengar secara singkat ataupun terus menerus dengan volume yang berbeda - beda.

    Tinnitus salah satunya dapat disebabkan oleh karena cedera pada kepala seperti pada kasus yang Anda alami. Akan tetapi selain oleh karena cedera, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : mendengar bunyi yang kencang dalam waktu yang lama, terdapat penyumbatan atau infeksi pada saluran telinga, tekanan darah tinggi, anemia, dan lain sebagainya.

    Jika sampai saat ini Tinnitus masih saja Anda rasakan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit THT ( telinga hidung tenggorokan ), dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut khususnya otoskopi dan uji pendengaran, sehingga segala sesuatu nya terang dan jelas, dan penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    TINNITUS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati