Tanya Dokter

  • Penanganan luka bakar pada telapak kaki

  • malam dok, 2minggu yg lalu saya kclakaan dan telapak kaki saya tertimpa mesin motor (panas) kulitnya (telapak kaki) sampai terkelupas agak dalam ,langsung dibawa ke Rs. tp sampai sekarang blom sembuh.. obat/salep yang tepat untuk saya apa ya dok. ...? terimakasih
    Ridwant Mandzana  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Luka bakar dapat disebabkan karena berbagai penyebab seperti misalnya terkena suatu mesin yang panas. Luka bakar dapat menyebabkan berbagai macam gejala tergantung dari beratnya luka bakar. Biasanya luka bakar menyebabkan rasa nyeri, dan jika luka bakar cukup berat maka kulit dapat terkelupas hingga ke otot atau tulang.

    Jika kulit anda terkelupas cukup dalam maka biasanya derajat luka bakar anda sudah lebih dari derajat 2. Penyembuhan luka bakar derajat 2 keatas memang memakan waktu yang lama, hingga berbulan bulan. hal tersebut dikarenakan lapisan kulit hilang sehingga tubuh memerlukan waktu untuk regenerasi kulit. selain itu, luka bakar yang cukup berat dapat meningkatkan terjadinya resiko infeksi. 

    Jika nda sudah kerumah sakit, maka anda dapat melakukan kontrol ulang ke dokter anda, sehingga dokter anda dapat memantau perkembangan anda. selain itu, biasanya dokter akan memberikan selap luka bakar yang mengandung antibiotik. dan dokter juga akan memberikan obat untuk di minum. disarankan agar anda tidak menggunakan sembarang obat atau menggunakan ramuan yang tidak jelas karena dapat memperburuk luka anda.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai luka bakar

    semoga bermanfaat. terimakasih

    dr.danny