Tanya Dokter

  • Apa obat untuk luka alergi yang bernanah?

  •  Asanka ID
    Anggota
    selamat malam dok, saya mau bertanya tentang obat untuk luka bernanah di kaki. dari kecil kaki saya memang suka alergi gatal2 yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, tetapi lukanya cepat kering. belakangan ini di bekas2 luka itu membengkak dan bernanah, kadang muncul juga benjolan nanah baru ditempat yang tidak ada luka. saya sudah pernah ke dokter dan dokter menyarankan untuk meminum antibiotik. selama beberapa hari saya minum antibiotik, luka saya mengering dan sembuh. tapi setelah beberapa hari setelah lepas dari antibiotik, mulai lagi bermunculan luka bernanah baru. saya mau bertanya kira kira hal ini disebabkan oleh apa dan bagaimana cara mengatasinya?

    Hai,

    Timbulnya nanah menunjukkan adanya tanda infeksi bakteri, seperti pada bisul. Saat gatal akibat alergi atau gigitan serangga, kemudian digaruk dan menimbulkan luka, jika tidak diberikan perawatan luka dengan baik, maka luka dapat membesar dan timbul infeksi. Gejala infeksi diantaranya kemerahan, nyeri, bengkak, hangat pada perabaan, atau timbul nanah.

    Selain itu, penyakit impetigo, yang merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri, juga dapat menyebabkan lepuh atau bercak luka terbuka pada kulit, dan kemudian timbul kerak warna kuning atau coklat.

    Untuk meredakan gejala, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut:

    • jaga kebersihan tubuh dan lingkungan
    • tidak menggaruk berlebihan jika gatal, lebih baik mengusapnya saja
    • hindari pajanan bahan-bahan yang dapat memicu alergi/ iritasi
    • tutup bagian luka dengan kasa steril, dan ganti kasa secara rutin
    • cuci tangan sebelum dan setelah mengobati bagian luka bernanah 
    • Infeksi bakteri dapat diberikan pengobatan dengan antibiotik. Jika luka atau infeksi masih ringan, dapat diberikan antibiotik oles. Namun jika infeksi sudah tergolong parah, maka perlu diberikan antibiotik minum. Sebaiknya konsumsi antibiotik hingga tuntas, sesuai dengan anjuran dokter. 

      Jika gejala terus berlanjut, disarankan agar Anda periksa kembali ke dokter. Sehingga daapt dilakukan pemeriksaan langsung dengan mengetahui riwayat dan gejala yang dialami, serta tes penunjang seperti tes darah. Dokter akan segera memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab dasarnya.

      Halaman berikut membahas 

      Bisul

      Pengobatan infeksi kulit

       

       

      Semoga bermanfaat,

      dr. Jessica