Tanya Dokter

  • Penyebab bekas luka bernanah

  • Selamat malam Dok, Dok saya mau menanyakan tentang bekas luka yang saya alami. Saya terjatuh dari motor sekitar 4 tahun yang lalu. Tetapi bekas luka yang saya alami kemari tiba tiba bernanah. Itu kenapa yak dok?

    Hai Sandi.. Terimakasih untuk pertanyaan yang anda berikan.

    Adanya trauma pada kulit dapat menimbulkan luka dan ada luka yang dapat membekas dalam waktu lama. Bekas luka anda baiknya dijelaskan juga apakah datar atau menonjol, ukuran luka, warna, dan apakah pernah ada muncul keluhan pada bekas luka sebelum ini. Luka yang bernanah dapat disebabkan karena adanya infeksi baik itu karena bakteri ataupun jamur. Luka yang bernanah akan disertai kemerahan, rasa nyeri, bengkak daerah sekitarnya, hingga demam. Bekas luka anda yang tiba- tiba bernanah dapat disebabkan karena infeksi kulit dibekas luka (folikulitis (infeksi pada folikel rambut), bisul, jerawat, atau abses ). 

    Beberapa hal yang dapat anda lakkan:

    • Bersihkan nanah dengan air bersih dan beri antiseptik
    • Jangan menggaruk atau memegangi daerah yang luka bernanah
    • Cuci tangan sebelum dan setelah memegang luka
    • Minum paracetamol sesuai dosis yang tertera untuk mengurangi nyeri

    Bila nanah bertambah, luka yang bernanah semakin lebar dan mengenai daerah lain, tubuh menjadi demam, dan nyeri maka anda baiknya memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan merawat luka anda, serta konsultasikan apakah ada hubungan luka saat ini dengan bekas luka yang lama.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti