Tanya Dokter

  • Pengobatan yang tepat untuk atasi sakit maag

  •  agga_suryadie
    Anggota
    Saya seringkali merasakan gangguan pada perut khususnya lambung. Gejalanya perut begah,bila diketuk bagian perut bunyinya seperti ada angin. Kadang menimbulkan sifat seperti panas dalam (rongga tenggorokan berasa agak perih Dan nafsu mkn berkurang,bab agak susah meskipun tiap hari bisa bab). Selain itu saya juga jrg bisa buang angin seperti org lain,tp di perut sering terdengar bunyi sprt kentut. Saya bab rutin tiap pagi tp faces sll lembek. Sayapun jrg makan sayur hijau. Apabila perut sdh terasa mengganggu sy berobat,seringkali dikasih obat maag pd umumnya atau kdg diberi ranitidine sdgkn antibiotiknya kdg gonta ganti cefadroxyl,ciproploxacin atau amoxicilin pernah juga thiampenicole. Penyakit ini sering sekali terasa dok. Tp tdk pernah sampai merasa mual atau muntah bahkan dibawa puasa pun msh mampu. Kira2 kenapa y dok dgn lambung saya?

    Hai Agga,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Dari keluhan yang Kamu ceritakan, memang kemungkinan Kamu mengalami gangguan pencernaan, sistem pencernaan Kita dimulai dari mulut, kemudian kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, rektum, dan berakhir di anus. Selain organ-organ tersebut, organ lainnya seperti hati, pankreas, dan kandung empedu juga merupakan bagian dari sistem pencernaan, namun letaknya di luar saluran pencernaan. Terdapat banyak jenis gangguan pencernaan dengan gejala yang hampir mirip, namun penanganannya dapat berbeda, oleh karena itu, penentuan diagnosis sangatlah penting. Apabila keluhan Kamu sudah lama dirasakan, tidak kunjung membaik meskipun pola hidup sudah diperbaiki (makan teratur, menjaga asupan makan/minum, mengelola stres psikis), sebaiknya Kamu konsultasi lebih lanjut ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan atau Ahli di bidang Pencernaan. Sehingga Dokter dapat melakukan anamnesis (tanya jawab Dokter-Pasien), pemeriksaan fisik, bila perlu pemeriksaan penunjang seperti tes darah, urea breath test, USG, dan atau endoskopi. Setelah jelas diagnosisnya, maka Dokter dapat memberikan penanganan yang sesuai.

    Perlu diketahui bahwa sakit maag bukanlah diagnosis suatu penyakit, melainkan kumpulan gejala gangguan pencernaan yang sebaiknya ditelusuri lagi penyebab yang mendasari. Beberapa jenis gangguan pencernaan:

    Artikel berikut dapat menambah wawasan Kamu:

    Relaksasi Sederhana

    Makanan yang perlu dijauhi bagi penderita maag

    Sekian semoga lekas sembuh,

    dr. Annes