Tanya Dokter

  • Apa obat untuk menambah berat badan?

  •  Gigi Pawestri
    Anggota
    Dokter, saya mau bertanya. Usia saya sudah 20th tapi badan saya cenderung kurus sekali. Tidak pernah lebih dari 40kg, dan sekarang hanya 38kg. Saya susah untuk menaikkan berat badan. Sudah saya coba macam-macam "yg katanya bisa membuat gemuk" tapi tidak ada hasilnya. Keluarga saya badannya berisi semua. Dan saya juga tidak pilih pilih makanan. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara untuk menggemukannya doter? Terimakasih.

    Halo Gigi Pawestri, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Seseorang dikatakan memiliki berat badan kurang bila perhitungan indeks massa tubuh (IMT) nya kurang dari 18.5 kg/m^2. Berat badan yang kurang dapat terjadi karena beberapa kemungkinan, berikut ini adalah beberapa diantaranya:

    1. Menderita penyakit tertentu yang menyebabkan penurunan berat badan lebih dari normal, misalnya hipertiroidisme (kelebihan hormon tiroid), tuberkulosis, kanker, diabetes, HIV, gangguan pencernaan (misalnya defisiensi enzim tertentu, penyakit celiac, penyakit crohn, dan lain-lain)
    2. Penyebab psikologis misalnya terdapat gangguan makan (anoreksia dan bulimia), depresi
    3. Faktor lainnya seperti penggunaan obat-obatan tertentu, olahraga berlebihan, stress berlebihan

     

    Untuk menentukan apakah berat badan anda termasuk kurang atau tidak, sebaiknya anda melakukan penghitungan IMT terlebih dahulu. IMT dapat dihitung dengan cara berikut:

    berat badan (kg) / tinggi badan dikuadratkan (m^2)

     

    Berikut ini adalah interpretasi IMT untuk populasi Asia:

    1. IMT lebih dari 25 : obesitas
    2. IMT dalam rentang 23-24.9 : berat badan lebih
    3. IMT dalam rentang 18.5-22.9 : normal
    4. IMT kurang dari 18.5 : berat badan kurang

     

    Menambah berat badan sebaiknya dilakukan dengan cara yang sehat dan idealnya dilakukan secara bertahap. Pertambahan berat yang dianjurkan adalah 0.25 kg sampai 0.5 kg per minggu atau 1 kg sampai 2 kg per bulan. Penggunaan obat-obatan penambah berat badan tidak terlalu direkomendasikan terutama yang tidak melalui uji keamanan dari Badan Pengawas obat dan Makanan (BPOM) karena justru dapat berbahaya bagi kesehatan.

    Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menambah berat badan:

    1. Menghitung kalori yang masuk dan keluar. Untuk menambah berat badan, diperlukan asupan kalori lebih banyak dibanding yang dikeluarkan tubuh. Meningkatkan asupan kalori dapat dilakukan dengan jalan makan lebih banyak dan lebih sering. Makanlah terutama makanan yang berkalori tinggi namun sehat seperti coklat, susu, kacang-kacangan, keju, alpukat, daging merah, nasi, kentang, oats, gandum utuh, telur, pasta.
    2. Hindari makan makanan dengan kalori kosong yaitu kalori yang berasal dari gula sederhana seperti pada minuman bersoda, kue, atau biskuit, karena selain hanya membuat gemuk (menambah lingkar pinggang) tanpa menambah massa otot, makanan minuman tersebut juga tidak baik bagi kesehatan.
    3. Meningkatkan asupan protein. Protein dapat berasal dari protein hewani atau protein dari binatang dan nabati atau protein dari tumbuhan. Protein hewani bisa berasal dari daging-dagingan seperti daging sapi, daging ayam, daging kambing, ikan, telur. Protein nabati bisa berasal dari kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kedelai, tahu, tempe. Saat ini juga banyak susu yang mengandung protein tinggi yang juga dapat membantu meningkatkan berat badan.
    4. Makan lemak yang sehat seperti lemak yang berasal dari lemak ikan, minyak zaitun, minyak kelapa murni. Hindari lemak yang berasal dari lemak hewan seperti lemak sapi, lemak kambing, lemak babi, ataupun kulit ayam.
    5. Makan lebih sering, yaitu makan berat 3 kali sehari diselingi dengan makan ringan di antaranya. Makan ringan yang sehat untuk dikonsumsi antara lain makan buah, salad, smoothies atau jus buah.
    6. Jangan banyak minum sebelum makan, batasi minum saat di tengah-tengah makan, dan perbanyak minum setelah selesai makan. Hal ini dimaksudkan supaya perut tidak kenyang karena minum dan anda bisa makan lebih banyak.
    7. Rutin minum susu, terutama susu yang diperkaya kalori dan protein tinggi
    8. Olahraga yang membangun otot seperti olahraga angkat beban
    9. Tidur cukup
    10. Tidak merokok dan minum alkohol

     

    Bila anda telah mencoba melakukan hal-hal tersebut dan berat badan anda tidak juga naik atau justru turun, atau anda merasakan adanya gejala-gejala penyakit tertentu, ada baiknya anda berkonsultasi kepada dokter secara langsung untuk dicari lebih lanjut apakah terdapat penyakit tertentu yang menyebabkan berat badan anda terus menerus kurang.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat

     

     dr. Irna Cecilia