Tanya Dokter

  • Mengatasi demam dan nyeri lambung pada mantan pecandu narkoba

  • Dok saya ingin bertanya saya kan uda lama bget make narkoba jadi saya uda berhenti ni demam nya kok gk hlang2 ya dok smpe skrng & lambung saya sakit

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif (disingkat Napza) membawa efek yang tidak baik untuk fisik dan kejiwaan. Ada berbagai jenis Napza, berbagai golongan, yang dapat memberikan bermacam-macam efek bagi tubuh.

    Efek samping Napza termasuk penyakit karddiovaskular, sistem saraf pusat, kelainan darah, diabetes mellitus, obeistas, sembelit, hipersalivasi, luka di tenggorokan, hidung tersumbat, eneuresis nocturnal (mengompol di malam hari), retensi urine, retensi insulin, dislipidemia (kadar lemak abnormal dalam darah), gangguan toleransi glukosa, hipertensi dan juga masih banyak efek samping lainnya.

    Mengenai keluhan demam dan nyeri pada lambung, tentu harus diperiksakan ke dokter agar mengetahui penyebabnya secara pasti. Perlu dicari tahu apakah keluhan yang muncul akibat efek samping obat atau karena penyebab lain. Misalnya penyebab demam yang sering yaitu infeksi virus atau bakteri. Sedangkan Napza yang berkaitan dengan demam misalnya ekstasi. Demikian juga nyeri lambung, sering disebabkan oleh gangguan asam lambung dan manifestasi penyakit lainnya. Untuk mencari tahu penyebabnya, selain memerlukan pemeriksaan fisik, juga memerlukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, USG, endoskopi, atau pemeriksaan penunjang lain sesuai indikasi.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda di:

    • https://www.alodokter.com/ini-fakta-psikotropika-dalam-dunia-medis
    • https://www.alodokter.com/narkoba-bukan-solusi

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.