Tanya Dokter

  • Apa obat untuk menghilangkan sakit pada telinga yang disebabkan oleh amandel?

  •  Anha2697
    Anggota

    dok, sudah lebih dari seminggu ini amandel saya bengkak sehingga menyebabkan tenggorokan saya sakit saat menelan makanan, mata berair, flu, batuk, demam dan parahnya kedua telinga saya menjadi sakit hingga saat ini, telinga di sebelah kanan saya menjadi berdenging terus menerus. saya sudah mencoba mengurangi rasa sakit tersebut dengan mengkonsumsi obat paracetamol tetapi hingga saat ini rasa sakit di telinga saya tidak juga mereda.
    jadi apa obatnya untuk menghilangkan rasa sakit itu dan menyembuhkan amandel saya dok???

    Anha2697  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Anha2697, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Kondisi amandel membengkak kemungkinan disebabkan karena adanya peradangan pada amandel tersebut. Amandel atau tonsil merupakan dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan. Organ ini berfungsi sebagai pencegah infeksi, terutama pada anak-anak. Seiring  dengan perkembangan umur, sistem kekebalan tubuh mereka makin kuat dan perlahan-lahan tugas tonsil sebagai penangkal infeksi mulai tergantikan.

    Gejala peradangan pada tonsil adalah seperti yang Anda jelaskan yaitu sakit menelan, demam, batuk, flu, mata berair dan dapat menyebabkan rasa sakit pada telinga. Hal ini disebabkan karena pada kondisi seperti ini umumnya kelenjar adenoid pun mengalami peradangan -- letak kelenjar ini berdekatan dengan muara lubang tuba eustachius yang berfungsi sebagai pengatur tekanan udara pada telinga bagian tengah. (lihat gambar diatas). Gejala yang umumnya timbul seperti telinga menjadi berdengung, pendengaran menurun, nyeri, dan sebagainya. 

    Bila kondisi peradangan tidak tertangani dengan baik maka kondisi nyeri pada telinga pun kemungkinan tidak akan membaik. Oleh karena itu kami sarankan Anda untuk menemui dokter, agar dilakukan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut pada kondisi anda saat ini -- bila kondisi cepat ditangani maka gejala akan cepat membaik. Obat yang digunakan berbeda beda, tergantung dari penyebab peradangan tenggorokan Anda. Sementara yang dapat Anda lakukan, diantaranya :

    • Konsumsi air putih hangat untuk meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan
    • Hindari merokok atau menggunakan rokok elektrik
    • Gunakan masker
    • Hindari makanan berminyak, pedas, dan asam
    • Istirahat yang cukup
    • Konsumsi sayur dan buah secara rutin untuk memenuhi kebutuhan vitamin Anda -- bila dirasa perlu Anda dapat mengonsumsi multivitamin yang dijual bebas di apotek

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo