Tanya Dokter

  • apa obat untuk mengurangi ketebalan endometrium?

  • Dok, saya mau tanya,saya selalu haid engga jelas,uda 4 bulan sy engga haid, sya uda pernah konsul kedokter, hasilnya endometrium di dinding rahim sy tebal,kalau dtg blan sy slalu merasa nyeri sampai pingsan, gimana cara ngobatinny y dok? Trims..

    Hello, Apakah yang Anda maksud dengan mengurangi ketebalan endometrium? Apakah penyakit yang dokter katakan sewaktu selesai memeriksa Anda? Apakah adenomiosis atau kenker atau lainnya? Biasanya pemeriksaan ketebalan endometrium merupakan indicator rutin pemeriksaan USG dan MRI. Ketebalan endometrium selalu berubah-ubah bergantung pada:

    1. Usia
    2. Waktu siklus menstruasi
    3. Penggunaan obat-obatan
    4. Kadar hormone
    Anda bisa melihat batas normal ketebalan endometrium sesuai dengan factor-factor yang telah disebutkan diatas dalam laman berikut : http://radiopaedia.org/articles/endometrial-thickness Biasanya ketebalan dinding rahim yang berlebihan dari batasan normal, merupakan indikasi adanya kanker dalam dinding rahim. Anda perlu berkonsultasi lebih mendalam dengan dokter yang memeriksa Anda, karena kesimpulan diagnosis diambil berdasarkan konsultasi, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai kemungkinan penyebabnya, pilihan alternative pengobatannya, dan prognosis penyakit Anda. Gejala ketidakteraturan menstruasi hingga berhenti lebih dari 3 bulan dapat terjadi karena banyak hal, antara lain :
    1. Hamil
    2. Menyusui
    3. Gangguan pola makan seperti anoreksia nervosa
    4. Perubahan berat badan yang drastic
    5. Penggunaan alat kontrasepsi
    6. Gangguan kelenjar tiroid
    7. Kista ovarium
    8. Stress
    9. Olahraga yang berat
    10. dan lainnya
    Begitu juga dengan gejala nyeri menstruasi yang hebat, dapat disebabkan oleh salah satu kondisi berikut :
    1. Endometriosis
    2. Adenomiosis
    3. Radang panggul
    4. Stenosis serviks
    5. Fibroid uterus
    6. Penggunaan alat kontrasepsi IUD
    Cara pengobatan yang tepat adalah jika disesuaikan dengan penyebab penyakitnya. Dan penyebab penyakitnya dapat ditegakkan hanya dengan memeriksa langsung. Berikut adalah laman yang berhubungan dengan gejala yang Anda rasakan mengenai nyeri menstruasi dan berhentinya mentruasi : http://www.alodokter.com/penyebab-nyeri-haid-yang-tidak-tertahankan http://www.alodokter.com/mewaspadai-menstruasi-yang-tidak-normal Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean