Tanya Dokter

  • Apa Obat Untuk Migrain

  • Malam dok. Mau nanya, istri saya itu sering sekali merasa sakit pada kepala sebelah kiri secara tiba". Sakitnya gak begitu lama hilang lagi. Namun sekali sakitnya menyerang dia merasa kesakitan sekali pada kepala kirinya.

    Halo Bapak Frangky, sakit kepala sebelah kiri yang sering muncul dan tiba tiba tentunya akan sangat mengganggu aktivitas istri baik di rumah maupun diluar rumah. Yang harus dilakukan adalah mencari penyebab sakit kepala tersebut. Sakit kepala kiri, bukan hanya disebabkan oleh migrain, penyebab penyebab lainnya adalah:

    1. Sinusitis, yang terjadi oleh karena rongga rongga sinus di kepala anda terisi cairan dan terinfeksi
    2. Sakit kepala tegang yang diakibatkan oleh stres, kurang tidur, kelelahan,dll, dengan gejala nyeri yang tumpul di satu sisi kepala sampai dengan leher dan bahu
    3. sakit kepala klaster, yang diakibatkan cuaca panas, silau, obat obat terlarang, dengan gejala sakit kepala sebelah, hidung berair, muka kadang kadang ikut bengkak sebagian.
    4. penyakit seperti tumor otak dan stroke
    Dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui jenis sakit kepala sebelah kiri yang istri anda derita. Mulai dari pemeriksaan tekanan darah dan nadi, pemeriksaan darah, sampai ct scan atau MRI. Untuk itu, dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter neurologi anda. tips yang dapat kami berikan untuk mencegah sakit kepala sebagian, adalah:
    1. jauhi pola hidup stress, aktivitas berlebihan.
    2. istirahat teratur
    3. makan makanan yang sehat, hindari jenis jenis makanan minuman yang memicu sakit kepala sepert: cafein, keju, cokelat.
    4. olahraga rutin
    Terima kasih, semoga bermanfaat.